- Advertisement -
Beranda blog

Gerindra – PKB Resmi Berkoalisi untuk Pemilu 2024, Siapa Capresnya?

0
Foto (dok. Gerindra TV)

Miindonews, JAKARTA – Partai Gerindra dan PKB resmi berkoalisi untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Koalisi itu dideklarasikan oleh ketua umum kedua partai yaitu Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Terdapat lima poin yang termaktub dalam kerjasama Gerindra dan PKB yang disampaikan dalam acara penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2022 di Sentul, Jawa Barat, Sabtu (13/8/).

Pertama, dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkesinambungan, Gerindra dan PKB bekerja sama dalam Pemilu 2024.

Kedua, kerja sama kedua partai politik didasarkan pada kesamaan visi agar terjadi percepatan pembangunan untuk Indonesia secara berdaulat, adil, makmur, sejahtera dan aktif mendorong terciptanya perdamaian dunia.

Baca juga: Rapimnas Gerindra: Prabowo Deklarasi Maju Calon Presiden di Pemilu 2024

Ketiga, menyatukan partai nasionalis dan partai religius untuk menghindari polarisasi di masyarakat pada Pemilu 2024 dan dapat membuka koalisi dengan parpol lain atas persetujuan kedua belah pihak.

Keempat, kesepakatan mengusung calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden berasal dari koalisi.

Kelima, kerjasama Gerindra dan PKB akan dilanjutkan dengan kerja politik untuk memenangkan Pilpres 2024.

Baca juga: Daftar Pemilu Hari Ini, Dokumen Partai Gerindra dan PKB Dinyatakan Lengkap

Di sisi lain, Prabowo sudah menyatakan kesiapannya maju sebagai bakal calon presiden 2024.

Hal itu ia nyatakan setelah mendengarkan aspirasi dari seluruh kader Gerindra mulai tingkat pusat sampai tingkat ranting. Sementara dari PKB, juga mendorong Cak Imin sebagai kandidat Capres.

“Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab, saya menerima permohonan saudara untuk dicalonkan sebagai calon Presiden Republik Indonesia 2024,”terang Prabowo.

Prabowo juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Ketua Umum PKB Cak Imin beserta jajaran yang telah menjadi partai pertama bekerja sama dengan Gerindra.

“Atas nama keluarga besar Gerakan Indonesia Raya saya terimakasi atas kepercayaan PKB,”uajarnya dalam siaran langsung TV Gerindra. 

Menurut Menteri Pertahanan RI ini, meski banyak pihak mengatakan kerjasama antara Gerindra dan PKB masih terlalu cepat dan penuh resiko, namun hal ini kata Prabowo sebagai bukti keberanian yang ditunjukan oleh Cak Imin dalam mengambil keputusan.

“Ada yang mengatakan terlalu cepat dan kadang – kadang yang pertama itu penuh resiko, berarti pimpinan kalian Gus Imin dan jajaran orang – orang yang berani mengambil keputusan,”kata Prabowo sembari memberi hormat ke Cak Imin.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga mengungkapkan, menjadi pimpinan partai politik itu bukanlah hal yang mudah karena semakin ia berada ditempat tinggi, maka semakin pula diterpa serangan yang tidak ada henti.

Bahkan sesuatu yang dikerjakan demi kebaikan malah diatafsirkam dengan hal – hal yang tidak baik. Meski demikian,  sambung Prabowo, hanyalah orang -orang  yang bermental baja yang bisa melewati semua itu.

Sebagai informasi, kedua partai politik telah memenuhi syarat ambang batas minimum atau presidential theresold 20 persen kursi parlemen atau 25 persen suara sah nasional.

Pewarta: Yondris Puamalo

Menpora Zainudin Amali akan Kawal Pembinaan Timnas Indonesia U16

0

Miindonews, JAKARTA – Menpora Amali berkomitmen mengawal perkembangan Timnas U-16 kedepan menjadi sebuah timnas yang andal, bersama federasinya dengan pembinaan-pembinaan yang konsisten dan berkelanjutan.

Menurut Menpora Amali, anak asuhan Bima Sakti ini merupakan harapan Indonesia dimasa depan.

“Kita punya harapan kedepan. Mereka bisa menjadi tim yang utuh, asalkan kita kawal pembinaannya. Di usia mereka sekarang ini masih labil makanya kita harus lakukan pendampingan,” ujar Menpora Amali Amali saat jumpa media usai laga final Piala AFF U-16.

“Kita patut bersyukur Timnas U-16 kita bisa menjadi juara. Saya melihat anak-anak bermain dengan semangat tinggi serta militan,” tambah Menpora Amali.

Baca juga: Timnas Indonesia Juara Piala AFF U16 2022, Menpora Amali Apresiasi Kerja Keras Bima Sakti

Pada kesempatan itu, Menpora Amali juga memberikan apresiasi tinggi kepada pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti.

Menurut Menpora Amali, Bima Sakti yang berhasil meramu dan bekerja keras sehingga hasilnya sangat membanggakan bangsa dan negara jelang HUT RI 17 Agustus mendatang.

“Saya sangat mengapresiasi Coach Bima Sakti dkk, juga terima kasih kepada anak-anak timnas yang telah membanggakan bangsa. Kemenangan ini adalah hadiah HUT RI ke-77. Selamat,” ujarnya.

Baca juga: Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia Juara Piala AFF U16 2022

Untuk diketahui, Timnas Indonesia U16 berhasil keluar sebagai juara Piala AFF U-16 tahun 2022.

Hasil membanggakan ini diperoleh setelah pada laga final, Iqbal Gwijangge dkk berhasil membungkam Timnas Vietnam dengan skor 1-0 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8) malam.

Gol kemenangan Timnas Indonesia diciptakan oleh Kafiatur Rizky pada masa injury time babak pertama (menit 45+2). (Rs-Red)

Timnas Indonesia Juara Piala AFF U16 2022, Menpora Amali Apresiasi Kerja Keras Bima Sakti

0

Miindonews, JAKARTA – Timnas Indonesia U16 keluar sebagai jawara usai membungkam Timnas Vietnam 1-0 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8) malam.

Gol kemenangan Timnas Indonesia diciptakan oleh Kafiatur Rizky pada masa injury time babak pertama (menit 45+2).

Atas hasil itu, Menpora RI, Zainudin Amali menyampaikan apresiasi tinggi kepada pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti.

Menurut Menpora Amali, Bima Sakti yang berhasil meramu dan bekerja keras sehingga hasilnya sangat membanggakan bangsa dan negara jelang HUT RI 17 Agustus mendatang.

“Saya sangat mengapresiasi Coach Bima Sakti dkk, juga terima kasih kepada anak-anak timnas yang telah membanggakan bangsa. Kemenangan ini adalah hadiah HUT RI ke-77. Selamat,” ujar Menpora Amali Amali saat jumpa media usai laga final Piala AFF U-16.

Baca juga: Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia Juara Piala AFF U16 2022

“Kita patut bersyukur Timnas U-16 kita bisa menjadi juara. Saya melihat anak-anak bermain dengan semangat tinggi serta militan,” tambah Menpora Amali.

Baca juga: Atlet Jadi PNS, Menpora Amali: Ini Komitmen Pemerintah untuk Atlet Berprestasi

Menpora Amali berkomitmen mengawal perkembangan Timnas U-16 kedepan menjadi sebuah timnas yang andal, bersama federasinya dengan pembinaan-pembinaan yang konsisten dan berkelanjutan.

“Kita punya harapan kedepan. Mereka bisa menjadi tim yang utuh, asalkan kita kawal pembinaannya. Di usia mereka sekarang ini masih labil makanya kita harus lakukan pendampingan,” ujarnya. (Rs-Red)

Ketum KNPI Haris Pertama Apresiasi Youth Football Tournament 2022 di Bandung

0
Foto. Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama Menyerahkan Hadiah Kepada Tim Peserta Youth Football Tournament 2022

Miindonews, Bandung – Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama memberikan apresiasi kegiatan Nasional Youth Football Tournament 2022 yang diselenggarakan Pengurus Pusat Keluarga Besar Putra Putri Polri (PP KBPP Polri).

Hal itu disampaikan Haris Pertama saat menghadiri acara penutupan di Stadion Arcamanik Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/8) pagi.

“Kegiatan ini tentunya perlu diapresiasi dan dikung karena diselenggarakan dengan sukses, dan berlangsung secara rutin setiap tahun ” kata Haris Pertama dalam keterangan pers yang diterima Miindonews.co.id.

Baca juga: Ketum KNPI Haris Pertama Minta Dana PEN Dihentikan

Ketum KNPI Haris menuturkan, pemerintah pusat dan daerah harus mendukung kegiatan serupa secara total dan merata, karena mampu memunculkan bibit-bibit baru.

 “Kita harus apresiasi kegiatan ini, termasuk pemerintah pusat dan daerah harus fokus dan total dalam mendukung Organisasi Kepemudaan yang menyelenggarakan kegiatan serupa” ujarnya.

Baca juga: Bertemu Menpora Malaysia, Haris Pertama Suarakan Semangat Pemuda Malindo

Menurut Haris Pertama, KBPP Polri sudah memulai impelementasi Peraturan Presiden (Perpres) No. 86 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“KBPP Polri sudah bergerak melaksanakan implementasi Perpres No 86 tentang DBON,” ujarnya. (Rs-Red)

Bupati Asahan Pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Karhutla

0

Miindonews, ASAHAN – Bupati Asahan H. Surya menjadi Inspektur upacara pada apel kesiapan pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Asahan, Jum’at (12/08/2022).

Apel yang dilaksanakan di Halaman Polres Asahan ini dihadiri oleh Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, Mewakili Kajari Asahan, Mewakili Danlanal TBA, Jajaran Polres Asahan, beberapa OPD dan tamu undangan lainnya.

Bupati Asahan H. Surya, mengatakan, kita harus siap melakukan kegiatan positif dalam mengantisipasi terjadinya Karhutla serta dampak buruk yang ditimbulkan.

“KIta tidak dapat menghindari bencana, akan tetapi kita dapat meminimalisir risiko yang timbul apabila kita dapat secara bersama-sama menanggulanginya. untuk itu kita harus siap dengan segala potensi yang kita miliki untuk dapat melakukan hal-hal antisipasinya agar risiko dapat kita minimalisir dan dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan ditengah-tengah pandemi covid-19 yang masih belum berakhir saat ini”, ucap Bupati.

Baca juga: Bupati Asahan Terima Penghargan Kabupaten Layak Anak

Ia mengajak untuk terus bersinergi melakukan tata kelola pengurangan risiko dan kesiapsiagaan terhadap penyebab maupun dampak Karhutla serta bencana lainnya, memberdayakan seluruh unsur serta potensi sumber daya yang ada dalam rangka pengurangan risiko bencana.

Surya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Asahan dalam upaya-upaya penanggulangan bencana.

Kiranya hal ini, kata dia, dapat dipertahankam dan ditingkatkan pada masa-masa yang akan datang.

Peserta Apel Gelar Kesiapan Penanggulangan Bencana Karhutla yakni TNI-Polri dan Instansi Pemerintah terkait.

Pewarta: Arman

Rapimnas Gerindra: Prabowo Deklarasi Maju Calon Presiden di Pemilu 2024

0
Foto. Prabowo Subianto Deklarasi Calon Presiden di Pemilu 2024 (dok.: Liputan6)

Miindonews, JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto mendeklarasikan kesiapanya maju sebagai calon presiden di 2024 mendatang.

Sikap politik Prabowo untuk menduduki jabatan presiden berdasarkan hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2022 di Sentul, Jawa Barat.

Dimana seluruh kader Partai Gerindra mulai tingkat pusat sampai ranting mendorong pimpinannya tersebut untuk kembali bertarung di Pilpres 2024.

“Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab, saya menerima permohonan saudara untuk dicalonkan sebagai calon Presiden Republik Indonesia 2024,”ungkapnya saat berpidato dalam acara Rapimnas 2022 di Sentul, Jawa Barat, Jumat (12/8).

Baca juga: Daftar Pemilu Hari Ini, Dokumen Partai Gerindra dan PKB Dinyatakan Lengkap

Dalam kesempatan itu, Prabowo banyak melontarkan kata pujian kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dipimpin oleh Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai partai pertama yang bekerjasama dengan Gerindra.

Diinformasikan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bersama jajaran pengurus hadir dalam acara Rapimnas tersebut.

“PKB dan Gerindra menjadi satu maka ademlah negeri ini. Saya ucapkan terimakasih kepada PKB, kalianlah yang pertama bekerja sama dengan Gerindra,”katanya.

Baca juga: Makin Mesra, Sinyal Koalisi Gerindra dan PKB Semakin Kuat

Kedekatan emosional antara kedua tokoh politik itu semakin jelas terlihat saat mendaftarkan partainya secara bersamaan sebagai peserta Pemilu 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin (8/8).

Tak sungkan, Cak Imin memberikan pantun kepada Prabowo “Gulo jowo diterke nang papan, Pak Prabowo memenuhi harapan. “Kaum muslimin dan muslimat Cak Imin membawa selamat,”. Pantun itu disambut gelak tawa oleh jajaran pengurus kedua partai.

Sementara ihwal kepastian Prabowo tampil sebagai Capres pada Pilpres 2024 sudah dikonfirmasi sebelumnya. Dia mengaku akan menunggu hasil Rapimnas.

“Kita lihat hasil Rapimnas, tapi kalau memang saya mendapat tugas, saya anggap tugas itu sebagai tugas yang suci, untuk berbakti dan mengabdi kepada rakyat, tentunya harus saya terima dengan baik seandainya nanti benar benar mencalonkan,”ujar Prabowo.

Meski demikian, Gerindra belum membeberkan ke publik bahwa kedepan akan berkoalisi dengan partai apa. Namun kini, manuver politik dari Partai berlambang burung Garuda itu cenderung mengarah kebeberapa partai, diantaranya PKB dan Demokrat.

Pewarta: Yondris Puamalo

Tegas, Said Iqbal: Haram Hukumnya Orang Kelaparan di Negeri Kaya

0

Miindonews JAKARTA – Said Iqbal menyampaikan sejumlah prinsip yang akan terus diperjuangkan Partai Buruh dalam mencapai negara sejahtera atau Welfare State.

Pertama, kesetaraan kesempatan dalam artian “kau boleh kaya tapi jangan miskin kami, kau boleh berobat di Singapura, London, Australia, dan seluruh penjuru dunia, tapi ketika kami sakit negara bayar.

Kata Said, hal itulah yang menjadi motto perjuangan Partai Buruh hingga saat sekarang ini.

Kedua, redistribusi keadilan yang merata seperti jaminan sosial.  Said bilang, ada 5 jaminan sosial yakni jaminan kesehatan, kematian, kecelakaan kerja, jaminan hari tua dan pensiun.

“Itu diperjuangkan oleh kelas pekerja tapi dulu pake serikat buruh ,”ujar Said usai mendaftarkan Partai Buruh sebagai peserta Pemilu di KPU RI, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Daftar Peserta Pemilu, Partai Buruh akan Perjuangkan Rakyat Miskin di Parlemen

Dilanjutkanya, kedepan ada 5 jaminan lagi, pertama jaminan makanan, haram hukumnya oran kelaparan di negeri yang kaya. Sebab, Indonesia masuk negara terkaya ke -7 di Dunia sehingga masuk G-20.

Tahun 2025, McKinsey Global Institute memprediksi Indonesia akan masuk 5 besar negara terkaya di dunia.

“Caranya apa, kita akan memperjuangkan jaminan makanan dan ini tidak diperjuangkan oleh partai lain. Rp  500.000 setiap bulan, seumur hidup sampai republik ini tidak ada lagi,”katanya.

Baca juga: Said Iqbal Ancam Demo Tolak Omnibus Law Pada Akhir Agustus

“Jadi orang dapat transfer cash money, Rp 500.000 kalau dikalikan orang miskin 27,7 – 30 juta jadinya 15 triliun per bulan, setahun 180 triliun apa yang salah kalau memberikan makan bagi orang miskin,”sambung Said.

Bahkan, Presiden Partai Buruh itu menyebut, kalau APBN sanggup 1 juta per orang.

“Tidak usah ditanya lagi, buruh pasti miskin, petani, nelayan, tukang ojol, pekerja kontrak, tukang jamu gendong pasti miskin. Olehnya itu, Partai Buruh akan memberikan jaminan itu melalui negara.

Ketiga, jaminan pengangguran, setelah berkeliling ke berbagai negara Said mengaku malu masih ada kelaparan dan pengangguran di Indonesia

Kemudian, jaminan air bersih. Katanya, Jakarta 1 liter air lebih mahal dibandingkan 1 liter BBM.

“Negeri macam apa ini. Keempat jaminan pendidikan, 100-200 ribu anak kelas pekerja dan petani dikirim ke luar negeri disekolahkan gratis. Kenapa?, apa yang salah kita ambil uang negara untuk orang kecil. Dan Kelima, tanggung jawab publik,”pungkasnya.

Pewarta: Yondris Puamalo

Said Iqbal Ancam Demo Tolak Omnibus Law Pada Akhir Agustus

0

Miindonew, JAKARTA – Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, dirinya bakal memimpin gerakan demonstrasi pada akhir Agustus 2022 Undang – Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law.

Hal itu Said sampaikan merespons aksi sejuta buruh yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) di depan Gedung DPR RI beberapa hari lalu.

“Nanti Partai Buruh akan tersendiri, kita kan sudah agendakan jauh – jauh hari setelah pendaftaran”ujarnya saat mendaftarkan Partai Buruh sebagai peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jumat (12/8/2022)

Said menyatakan dukungan terhadap aksi sejuta buruh soal penolakan UU Omnibus Law.

“Kami dari Partai Buruh mendukung apa yang dilakukan kawan – kawan kemarin yang menunjukan Omnibus Law ditolak oleh kelas pekerja,”katanya.

Baca juga: Daftar Peserta Pemilu, Partai Buruh akan Perjuangkan Rakyat Miskin di Parlemen

Menurutnya, menyampaikan aspirasi di depan umum merupakan kebebasan yang sifatnya konstitusional tidak terkecuali serikat pekerja.

“Serikat diberikan kebebasan. Tapi lihat yang paling besar, yang pasti kami saling dukung. Berapa jumlahnya, lihat saja nanti. May Day kan 50 ribu,”terang Said.

Baca juga: Jokowi Undang Pimpinan Lembaga di Istana Negara, Bahas Apa ?

Diberitakan sebelumnya, Gelombang massa dari Aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat atau Gebrak hingga sore terus menggeruduk Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Mereka menyerukkan agar Pemerintah dan DPR mencabut Omnibus Law UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan revisi Kitab Undang -Undang Hukum Pidana (KUHP) sekaligus menurunkan harga pokok yang masih relatif mahal.

Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos mengatakan, gerakan yang dibangun hari ini merupakan langkah awal memperingatkan para pengambil kebijakan yang berseberangan dengan kepentingan rakyat.

“Ini hanya langkah awal, kedepan kami akan kembali turun ke jalan bersama buruh, pemuda, mahasiswa, kaum perempuan dan tani miskin kota”ujarnya kepada wartawan di lokasi aksi, Rabu (10/8/2022).

Selanjutnya, buruh dari berbagai daerah kabupaten /kota akan kembali turun ke jalan dengan mengatasnamakan aksi sejuta buruh seluruh Indonesia.

“Kita tahu bahwa kebijakan pemerintah di rezim Jokowi -ma’ruf relatif tidak berpihak kepada masyarakat. Ini menunjukan betapa sangat tidak pedulinya mereka kepada kepentingan rakyat,”katanya.

“Mereka yang membuat undang undang tapi mereka juga yang tidak mematuhinya sementara rakyat dipaksa menunduk,”sambungnya

Menurutnya, serikat buruh harus menjadi motor persatuan gerakan rakyat untuk mengembalikan akal sehat para pembuat kebijakan.

“Persoalan mahasiswa, pemuda, pelajar, mahasiswa, nelayan, buruh miskin kota memiliki nasib yang sama akibat sebuah regulasi yang tidak berpihak sehingga harus diperjuangkan secara seksama,”terangnya.

Kata Elitos, gelombang aksi ini merupakan bentuk kemajuan dari sebuah kesadaran rakyat melihat sebuah sistem yang carut marut.

“Gerakan ini terintegrasi dikarenakan kesamaan nasib atasi ketidakadilan dan kesetaraan. Kenapa kita ke DPR, kerena tidak lagi menunjukan ketidakberpihakannya,”pungkas Elitos.

Pewarta: Yondris Puamalo

Jokowi Undang Pimpinan Lembaga di Istana Negara, Bahas Apa ?

0

Miindonew, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang para pimpinan Lembaga Negara di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/8/2022) siang.   

Hadir dalam pertemuan, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Ketua MA M. Syarifuddin.

Kemudian, Ketua MK Anwar Usman, Ketua KY Mukti Fajar Nur Dewata serta Ketua BPK Isma Yatun. Sedangkan Presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Dalam kesempatan itu, Jokowi banyak menyinggung soal krisis global yang terjadi di beberapa negara di dunia dipastikan akan berdampak ke Indonesia mulai dari krisis pangan, energi, hingga keuangan.

Selain itu, Jokowi juga membahas soal subsidi pemerintah dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga energi.

Presiden menyebut, saat ini Indonesia telah memberikan jumlah subsidi yang cukup besar dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Cari negara yang subsidinya sampai Rp502 triliun, karena kita harus menahan harga pertalite, gas, listrik, termasuk pertamax, ini gede sekali. Tapi apakah angka Rp502 triliun ini masih terus kuat bisa kita pertahankan?” tutur Kepala Negara.

Baca juga: Jokowi Tegaskan Tak Ada Toleransi Bagi Pelaku Penyelewengan Anggaran

Jokowi meminta semua pihak, terutama jajarannya untuk terus waspada apabila APBN tidak lagi kuat untuk memberikan subsidi bahan bakar minyak (BBM) secara terus menerus, sehingga terjadi kenaikan harga di masyarakat.

Bahkan menurut Presiden, saat ini kenaikan harga BBM sudah terjadi di banyak negara di dunia.

Jokowi juga turut menyampaikan informasi terkait kondisi perekonomian nasional saat ini, termasuk anggaran dan pendapatan negara.

“Tadi kami menyampaikan kepada beliau-beliau mengenai fakta-fakta itu, angka-angka itu. Kalau kita masih ada income negara dari komoditi, dari komoditas itu masih baik ya kita jalani, tapi kalau nggak?” ujar Presiden.

Pewarta: Yondris Puamalo

LaNyalla Mataliti Sampaikan Peta Jalan Menuju Kesejahteraan di Hadapan Jokowi

0

Miindonew, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang para pimpinan Lembaga Negara di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/8/2022) siang.   

Dalam kesempatan itu, Jokowi banyak menyinggung soal krisis global yang terjadi di beberapa negara di dunia dipastikan akan berdampak ke Indonesia mulai dari krisis pangan, energi, hingga keuangan.

Hadir dalam pertemuan, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Ketua MA M. Syarifuddin.

Kemudian, Ketua MK Anwar Usman, Ketua KY Mukti Fajar Nur Dewata serta Ketua BPK Isma Yatun. Sedangkan Presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Selain itu, Jokowi juga membahas soal subsidi pemerintah dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga energi.

Baca juga: API Dukung Gerakan Mengembalikan Naskah Asli UUD 1945

Presiden menyebut, saat ini Indonesia telah memberikan jumlah subsidi yang cukup besar dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Cari negara yang subsidinya sampai Rp502 triliun, karena kita harus menahan harga pertalite, gas, listrik, termasuk pertamax, ini gede sekali. Tapi apakah angka Rp502 triliun ini masih terus kuat bisa kita pertahankan?” tutur Kepala Negara.

Baca juga: Kembalikan Naskah Asli UUD 1945, Lanyalla Wakafkan Diri Pimpin Gerakan Kedaulatan Rakyat

Jokowi meminta semua pihak, terutama jajarannya untuk terus waspada apabila APBN tidak lagi kuat untuk memberikan subsidi bahan bakar minyak (BBM) secara terus menerus, sehingga terjadi kenaikan harga di masyarakat.

Bahkan menurut Presiden, saat ini kenaikan harga BBM sudah terjadi di banyak negara di dunia.

Jokowi juga turut menyampaikan informasi terkait kondisi perekonomian nasional saat ini, termasuk anggaran dan pendapatan negara.

“Tadi kami menyampaikan kepada beliau-beliau mengenai fakta-fakta itu, angka-angka itu. Kalau kita masih ada income negara dari komoditi, dari komoditas itu masih baik ya kita jalani, tapi kalau nggak?” ujar Presiden.

Sementara itu, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam pertemuan itu menyampaikan pandangannya tentang Peta Jalan mewujudkan kesejahteraan rakyat. Sekaligus mengembalikan kedaulatan rakyat. LaNyalla juga menyerahkan langsung tulisan Peta Jalan tersebut kepada Presiden.

“Iya tadi saya sampaikan langsung kepada Presiden. Salah satunya, adalah negara harus kembali menguasai kekayaan alam untuk kemakmuran rakyat. Bukan untuk segelintir orang, sesuai amanat UUD 1945 dan penjelasannya di naskah asli, sebelum diubah saat Amandemen 1999-2002 silam,” ujarnya.

Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia Juara Piala AFF U16 2022

0
Foto (Istimewa/dok.CNN)

Miindonews, Timnas Indonesia U -16 berhasil mengangkat trofi juara usai mengalahkan Timnas U-16 Vietnam pada Laga Final Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat malam, (12/8/2022).

Dalam pertandingan Final tersebut, disaksikan langsung oleh Menpora RI Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Pada babak yang pertama, Indonesia sempat memiliki peluang di menit 40.34 melalui Kaka Putra setelah menerima umpan lambung dari tengah lapangan. Namun peluang itu lepas dari kontrol Kaka hingga jatuh ke pelukan kiper Vietnam.

Aksi jual beli serangan terus terjadi di akhir babak pertama hingga dilanjutkan dengan tambahan waktu 2 menit.

Baca juga: Respons Tudingan Media Vietnam, Ketum PSSI: Jangan Banyak Mengeluh Ikuti Aturan di Indonesia

Pada menit ke – 46.04 atau masa injury time tambahan waktu babak pertama, serangan balik Indonesia berbuah hasil.

Kafiatur Rizky berhasil melesakkan gol ke sisi kanan tiang gawang Vietnam setelah memanfaatkan umpan dribbling di kotak penalti.

Satu gol dari Kafiatur merubah kedudukan sementara menjadi 1-0 sekaligus sebagai penutup laga babak pertama.

Babak kedua, intensitas serangan kedua tim semakin tinggi. Meski demikian, Skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Dengan hasil itu, Timnas Indonesia U-16 kembali mencatatkan sejarah mengalahkan rival bebuyutannya pada laga final.

Pewarta: Yondris Puamalo

Lantik BPD Mulakoli, Imanuel Ndun: BPD Harus Paham Tugas dan Fungsinya

0
Foto. Pelantikan BPD Desa Mulakoli

Miindonew, Nagekeo – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Nagakeo,Imanuel Ndun, mewakili Bupati Nagekeo melantik dan mengambil Sumpah Anggota Badan Permusyawaratan Desa Mulakoli, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo masa bakti 2022-2028.

Acara itu, dilaksanakan di Kantor Desa Mulakoli, Kamis,11/08/ 2022.

Pada kesempatan tersebut, Imanuel Ndun memberikan gambaran singkat terkait pelaksanaan tugas-tugas BPD.

Menurutnya hal ini penting untuk diketahui dan dipaham sehingga tidak terjadi kesalahan dalam melaksanakan tugas “tabrakan” dengan Pemerintah Desa.

” Tujuan BPD itu menggali aspirasi masyarakat. Gali itu sesuatu yang belum kelihatan. Aspirasi itupun ada yang mampu berbicara tentang kepentingan kebutuhannya tapi ada juga yang tidak bisa bersuara dengan berbagai alasannya. Nah. mampukah Anggota BPD menemukan apa yang menjadi keinginan mereka yang tidak mampu bersuara??? Ini yang namanya gali aspirasi,” Jelas Imanuel.

Baca juga: Daftar Peserta Pemilu, Partai Buruh akan Perjuangkan Rakyat Miskin di Parlemen

Lanjut dia, aspirasi masyarakat yang sudah digali akan disalurkan kepada Pemerintah Desa dan saat Musrenbangdes akan digodok menjadi usulan-usulan yang menjadi RAPBDes yang juga datang dari RPJMDes.

Tugas BPD menjalankan fungsi pengawasan politik dimana mengawasi pekerjaan yang sudah dibahas jadi regulasi. Sedangkan fungsi pengawasan fungsional itu adalah kewenangannya Inspektorat.

“Selama menjabat sebagai Camat, Kabag Pem, dan Kadis PMD banyak temui perkelahian antara BPD dan Kepala Desa karena sama sama tidak paham tugas. BPD punya kerja tidak sampai mengecek kwitansi di toko, itu sudah ambil alih kerjanya inspektorat,” terangnya.

Menurut Imanuel, mencegah perkelahian yang seperti itu, diingatkan agar BPD sebanyak mungkin menghasilkan kebijakan sehingga banyak juga melakukan fungsi kontrolnya. Sedangkan Kades wajib melaksanakan segala hal dalam berbagai kebijakan yang dihasilkan oleh lembaga BPD.

“Lembaga BPD melahirkan aturan aturan. Berbagai masalah itu direkam, dicatat diusulkan dibuatkan aturan lalu aturan itu memaksa pemerintah desa untuk mencari solusi terhadap masalah itu. Ingat ini baik baik,” Tegasnya.

Diakhir sambutannya beliau katakan bahwa menjadi anggota BPD itu pekerjaan berat.

“yang namanya menggali itu berat. Kita bukan hanya duduk di belakang meja tapi bisa duduk di kebun, duduk di dapur supaya bisa menggali dan menemukan berbagai persoalan yang dialami oleh warga masyarakat.

Kepala Desa Mulakoli, Gerardus Bajo berharap adanya kerjasama yang harmonis antara kedua lembaga Pemerintah Desa ada BPD.

” Sebagai wakil rakyat marilah kita bekerja sama dengan pemerintah desa mai kita sama sama, komunikasikan dengan baik, lakukan tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan benar sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat kita Desa Mulakoli menjadi semakin baik kedepannya,”harap Kades Gerardus.

Pewarta: Zainudin Abdulah

Kejari Lombok Timur Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Alat Mesin Pertanian Tahun 2018

0

Miindonew, Lombok Timur – Kejaksaan Negeri Lombok Timur (Lotim) menetapkan tiga tersangka dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) pengadaan alat mesin pertanian (Alsintan) bantuan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian pada Kementerian Pertanian kepada Dinas Pertanian tahun 2018 silam.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Lotim, Lalu Muhammad Rasyidi menyatakan, tiga tersangka itu yakni inisial (S) mantan Anggota DPRD Lombok Timur, inisial (Z) mantan Kadis Pertanian dan inisial AM.

 Ketiga tersangka ini diduga bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi.

“S berperan menyuruh AM untuk membentuk UPJA yang akan diajukan ke Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur dimana UPJA tersebut akan diusulkan untuk diterbitkan SK CPCL oleh Kadis Pertanian sebagai syarat untuk bisa menerima bantuan Alsintan dari Kementerian Pertanian,” katanya Jum’at (12/08).

Lebih lanjut, kata Rasyidi, AM berperan membentuk dua UPJA sesuai permintaan dari S yaitu di Kecamatan Pringgabaya dan UPJA di Kecamatan Suela.

“Tapi UPJA yang dibentuk tersebut hanya formalitas saja agar dapat meneriman bantuan Alsintan,” sambungnya.

Baca juga: Polres Lombok Timur Musnahkan Puluhan Gram Sabu dan Ribuan Liter Miras

Sementara Z selaku mantan Kepala Dinas Pertanian Tahun 2018 yang telah menerbitkan SK CPCL atas usulan S. SK CPCL tersebut tidak melalui mekanisme verifikasi kebenaran dan keabsahan CPCL yang diusulkan tersebut.

Adapun batuan Alsintan yang diperuntukkan untuk UPJA tahun 2018 terdiri dar traktor roda 4 sebanyak 5 unit, traktor roda 2 sebanyak 60 unit, pompa air merek Inari.

Selain itu, ada pompa air diameter 3 inchi enggine honda 6,5 HP sebanyak 121 unit, pompa air merek onda Pompa Irigasi WB30XN sebanyak 29 unit dan handsprayer sebanyak 250 unit.

“Akibat penyalahgunaan bantuan Alsintan yang dilakukan oleh para tersangka menimbulkan kerugian keuangan negara sebesar Rp. 3,8 M lebih berdasarkan hasil audit BPKP,” ucapnya.

Atas perbuatannya itu, ketiga tersangka disangkakan melanggar pasal 2 dan 3 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan Pasal 55 ayat (1) KUHP.

“Ketiga tersangka terancam 20 tahun penjara atau maksimal hukuman mati,” tandasnya.

Pewarta: Husen

Daftar Peserta Pemilu, Partai Buruh akan Perjuangkan Rakyat Miskin di Parlemen

0
Said Ikbal Mendaftarkan Partai Buruh di KPU RI

Miindonew, JAKARTA – Partai Buruh resmi mendaftar sebagai calon peserta pemilihan pemilu (Pemilu) 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Jumat (12/8/2022).

Said Iqbal memimpin langsung pendaftaran dengan iring – iringan orasi damai di depan Gedung KPU.

Usai mendaftar, Partai buruh berkomitmen untuk memperjuangkan kepentingan rakyat agar tidak kelaparan di negerinya sendiri.

Said mengatakan, pada Pemilu 2024 Partai Buruh menargetkan 5,6 juta suara dari suara sah nasional parliamentary threshold 4 persen menuju DPR RI.

“Kalau kita anggap suara sah nasional sama dengan tahun 2019 140 juta kalau kali 4 persen menjadi 5,6 juta. Captive kita 15 juta, itu baru anggota,”katanya.

Baca juga: Gerindra dan PKB Daftar Bersamaan di KPU, Pertanda Koalisi ?

Said mengungkapkan, ada 5 provinsi “emas” yang menjadi sasaran suara terbanyak yakni di Provinsi Jawa Barat 3 juta (suara). Tolak ukurnya ada 10 juta anggota Partai Buruh di daerah tersebut.

Kedua, Banten 1 juta, kota seribu pabrik. Ketiga, Jawa Timur 1 juta. Keempat DKI Jakarta 750.000 suara sah. Kelima Kepulauan Riau, Batam, 750.000.

Baca juga: Koalisi KIB Daftar Bersamaan di KPU, Tiga Ketua Umum Hadir Langsung

“Untuk Provinsi dan kabupaten/kota 5 persen dari total kursi. Khusus, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Batam, Kabupaten Karawang, Ketua DPR harus dari Partai Buruh. Sementara DKI Jakarta posisi 3 besar dan untuk daerah lain target 5 besar,”ungkapnya.

“Ini pemetaan yang benar, bukan bluffing. Yang benar harus dibilang benar, supaya nanti tidak dicurangi, maka target 5,6 juta tercapai,”sambungnya.

Tak hanya itu, Said mengkonfirmasi bahwa Partai Buruh akan mengusung dan memenangkan mulai calon Bupati hingga Wali Kota yang terletak di Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Jayapura. Sementara untuk wakil, di daerah Karawang, Purwakarta, Pasuruan dan di Depok.

“Insyaallah kami pasti menang karena sejarah selalu mencatat kalau ada Partai Buruh tinggal masalah waktu. Jangan sekarang dilihat kecil kedepan partai ini pada 2034 Presiden dari Partai Buruh,” sebutnya.

Lebih lanjut, Iqbal yakin Partai Buruh juga mendapat tambahan suara di beberapa provinsi lainnya sehingga Partai Buruh meraih 20-25 kursi di DPR.

Khusus, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Batam, Kabupaten Karawang, Ketua DPR-nya harus dari Partai Buruh. Sementara DKI Jakarta posisi 3 besar.

“Saya optimistis Partai Buruh bisa menduduki 5 persen dari total jumlah kursi di seluruh DPRD provinsi dan kabupaten/kota,”pungkasnya.

Pewarta: Yondris Puamalo

Editor: Rs-Red

Bupati Asahan Terima Penghargan Kabupaten Layak Anak

0

Miindonews, ASAHAN – Pemerintah Kabupaten Asahan mendapatkan kado istimewa tepat saat peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubsu Jalan Sudirman, Medan, Kamis (11/08/2022).

Pemerintah Kabupaten Asahan meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA).

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Utara Nawal Lubis dan di terima Langsung Bupati Asahan H. Surya.

“Ini merupakan Penghargaan dari pemerintah pusat (Kementerian PPPA) untuk komitmen Pemerintah Kabupaten, partisipasi masyarakat, dunia usaha dan media dalam pemenuhan hak anak,” demikian disampaikan Bupati Asahan, usai menerima penghargaan.

Baca juga: Asrul Sani Soroti Pernyataan Mahfud MD di Ruang Publik Soal Kasus Brigadir J

Bupati Asahan H. Surya, BSc juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PPPA yang telah memberikan penghargaan Katagori Pratama kepada Kabupaten Asahan.

“Penghargaan yang kami terima hari ini akan menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas dalam melindung hak anak di Kabupaten Asahan, sehingga kedepannya Kabupaten Asahan dapat meraih Katagori Madya”, ucap Bupati Asahan didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Kadis P2KBP3A Kabupaten Asahan, Kadis Kominfo Kabupaten Asahan, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan dan beberapa OPD lainnya.

Baca juga: Kembalikan Naskah Asli UUD 1945, Lanyalla Wakafkan Diri Pimpin Gerakan Kedaulatan Rakyat

Bupati H. Surya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat Kabupaten Asahan yang telah bahu-membahu untuk mewujudkan predikat Kota Layak Anak katagori pratama yang penghargaannya diterima hari ini.

Sementara itu Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mengawali sambutannya meminta kepada para Bupati/Walikota untuk tetap memperhatikan dan memehuni hak anak.

Menurut Edy Rahmayadi, anak merupakan generasi penerus yang harus dilindungi.

“Kabupaten/kota, tak akan pernah masuk surga kalau kita tidak menyayangi anak ini, mereka inilah masa depan kita, tanpa mereka negara ini tidak akan pernah ada kader pengganti,” kata Edy Rahmayadi.

Memenuhi hak anak juga harus dengan niat yang tulus, jangan dengan niat kepentingan pribadi.

“Tak akan bebas bermain dan belajar kalau kita tidak menyayangi mereka (anak-anak), Demi Allah, Demi Tuhan ini kita lakukan bukan untuk mendapat piala, bukan karena kita ingin menjadi bupati dan walikota, agar jadi gubernur, tidak begitu,” kata Edy.

Edy juga menyayangkan masih ada orang tua yang berlaku kasar kepada anaknya. Ia menyontohkan di Belanda, apabila orangtua berlaku kasar kepada anaknya maka si orangtua akan langsung berurusan dengan aparat hukum.

“Inilah anak-anak ini, harus kita sayangi, walaupun bukan anakku, keturunanku, saya wajib menyayanginya,” kata Edy.

Edy juga mengenang dirinya saat bertugas di TNI. Lantaran kasihan dengan anak-anak, Edy pernah menarik pasukannya dalam suatu operasi.

“Perang itu, yang sengsara itu anak-anak, begitu dia menagis, gemetar, tengkurap anak itu, saya kalau sudah melihat itu saya tarik pasukan saya, anak kecil ini perlu perlindungan kita,” kata Edy.

Baru-baru ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut juga menerima penghargaan Anugerah KPAI 2022 lantaran menunjukkan komitmennya dalam perlindungan anak.

“Salah satu item Sumut Bermartabat adalah menyayangi anak anak, kenapa menyayangi anak-anak, karena Sumut berada ada di pundak mereka,” kata Edy.

Peringatan Hari Anak Nasional kali ini sengaja dikemas dengan suasana yang menggembirakan. Ratusan balon dan bendera berwarna-warni menghiasi setiap sisi dan sudur ruangan, tempat berlangsungnya acara. Serta bentangan karpet serba merah, semakin menambah suasana gembira dan membuat anak-anak nyaman bermain bersama.

Kompak mengenakan kaos putih lengan panjang, Edy Rahmayadi dan Nawal Lubis pun menari dan bernyanyi bersama anak-anak yang juga mengenakan kaos yang sama. Keduanya tampak menikmati momen-momen itu bersama anak-anak dan para pejabat yang ikut membaur.

Pewarta: Arman

API Dukung Gerakan Mengembalikan Naskah Asli UUD 1945

0
Foto. Ketua Umum Forum Alumni Perguruan Tinggi Indonesia (API) Akhmad Syarbini

Miindonews, JAKARTA – Umur panjang perjuangan akan terus tersematkan dalam setiap gerakan yang dimotori oleh Forum Alumni Perguruan Tinggi Indonesia (API) untuk mengembalikan naskah asli Undang – Undang Dasar (UUD) 1945.

“Platform perjuangan API sejalan dengan semangat Ketua DPD RI AA Lanyalla Mattalitti untuk mengembalikan naskah asli UUD 1945,”ungkap Ketua Umum Forum Alumni Perguruan Tinggi Indonesia (API) Akhmad Syarbini, Kamis (11/8/2022).

Naskah asli ini tentunya, kata dia, dengan adendum dimana tetap membatasi masa jabatan presiden hanya 2 periode. Sehingga, tidak disalah artikan seperti kembali di masa orde baru. Kemudian calon presiden harus orang Indonesia asli.

“Tapi yang lebih penting juga adalah jangan sampai UUD 1945 sekarang ini sudah berubah.  Yang sekarang digunakan kan UUD 2002. Amandemen 4 kali sudah 22 tahun dimasa reformasi ini ternyata gagal menciptakan kesejahteraan,”katanya.

Baca juga: Kembalikan Naskah Asli UUD 1945, Lanyalla Wakafkan Diri Pimpin Gerakan Kedaulatan Rakyat

Selain itu, API juga tidak menginginkan terjadinya polarisasi diantara anak bangsa agar tidak ada lagi istilah cebong dan kampret melainkan semangat persatuan yang dibawa.

Mengingat cengkeraman oligarki semakin kuat di hampir semua lining sektor baik ekonomi, sosial, politik, hukum, eksekutif bahkan yudikatif maka Itulah dasar gerakan API mengembalikan UUD 1945 dalam naskah asli.

Baca juga: Asrul Sani Soroti Pernyataan Mahfud MD di Ruang Publik Soal Kasus Brigadir J

Ketua pengurus pusat ikatan alumni ITB ini jug menambahkan, apapun bentuknya perpanjang masa jabatan presiden sifatnya inkonstitusional.

” Tapi saya kira Pak Jokowi bukan seperti itu. Sampai saat ini kita masih mendukung Jokowi tapi hanya sampai 2024 saja,”terangnya.

Dia pun berharap seluruh elemen masyarakat sudah saatnya membuat sebuah terobosan dalam membasmi oligarki. Sebab hanya dengan cara ini kedaulatan sesungguhnya akan tercapai.

Pewarta: Yondris Puamalo

Kembalikan Naskah Asli UUD 1945, Lanyalla Wakafkan Diri Pimpin Gerakan Kedaulatan Rakyat

0
Foto. – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti

Miindonews, JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti menyatakan siap mewakafkan diri berjuang bersama rakyat demi mengembalikan naskah asli Undang – Undang Dasar (UUD) 1945. Dia berjanji akan memimpin   gerakan kedaulatan rakyat agar terlepas dari cengkeraman oligarki.

Dalam waktu dekat, Lanyalla mengutarakan tujuannya berkeliling ke seluruh ketua lembaga tinggi, pimpinan organisasi kemasyarakatan dan pimpinan partai politik hanya untuk membicarakan petunjuk jalan menuju naskah asli UUD 1945.

“Kalau ada orang yang tidak mau kembali kepada UUD 1945 sesuai dengan naskah asli berarti orang inilah penghianat. Dan kalau rakyat sudah mencap orang ini penghianat dan sudah tahu siapa yang salah mari kita sikat orang ini sama – sama,”ujarnya dalam sebuah forum bersama pengurus Alumni Perguruan Tinggi Indonesia (API) di Gedung DPD RI, Senayan, Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Koalisi KIB Daftar Bersamaan di KPU, Tiga Ketua Umum Hadir Langsung

Lebih lanjut, Lanyalla menyebut aktor yang telah lama mengebiri UUD 1945 sementara masih bersembunyi dibalik jabatanya. Tapi lambat laun tindak – tanduk mereka akan terbongkar sampai ke akar – akarnya.

Sebab dia berpandangan, untuk menata kembali keadaan yang carut – marut ini mesti diperbaiki mulai oligarki tingkat elit (hulu) lalu ke kroni – kroninya (hilir).

Dulu, lanjutnya, pada tahun 1999 – 2002 saat ruangnya ditutup yang namanya oligarki tidak bisa masuk. Namun begitu dibuka, langsung menjadi rakus dan mengambil semua kekayaan alam di negeri ini.

“Untuk menyelamatkan bangsa dan rakyat yang terzalimi maka harus kembali ke naskah asli UUD 1945. Sudah sekian lama rakyat dibohongi dan sengsara hingga tidak bisa berbuat apa – apa,”ungkap Lanyalla.

Baca juga: KPU RI Minta Pemerintah Fasilitasi Kantor KPU di Daerah

Menurutnya, sudah lebih 20 tahun rakyat ditipu dengan diubahnya naskah asli UUD 1945. Lalu mereka menggaungkan   Pancasila “apanya yang Pancasila”. Maka dari itu, 2023 suara lantang kembalinya naskah asli UUD 1935 sudah harus terdengar sampai ke akar rumput.

“Target saya 2023 sudah bicara kembalikan UUD 1945 sesuai dengan naskah asli kemudian kita adendum atau perbaiki sama – sama baru kita pilih presiden, baru kita pilih DPR utusan dari masing – masing daerah dan golongan,”,”kata Lanyalla.

Lanyalla menegaskan, pemegang saham di bangsa ini adalah rakyat bukan partai politik. Menurutnya, partai politik tidak pernah memiliki saham dalam perjuangan kemerdekaan republik indonesia.

“Kita masih punya waktu dan harus sudah disosialisasikan di sekolah – sekolah, ke anak dan cucu kita karena cara inilah yang membuat kita akan kembali pada jalur sesungguhnya,”ungkapnya.

Personel Polda NTT Dapat Medali Penghargaan dari PBB

0
Foto. Dua Personil Polda NTT penerimah Penghargaan dari PBB

Miindonews, Nagekeo – Personel Polda NTT yang tergabung dalam Kontingen FPU 3 MINUSCA (Multidimensional Integrated Stabilization Mission In The Central African Republic) mendapat Medali Penghargaan dari PBB (Perserikatan Bangsa -Bangsa) di Garuda Camp, Bangui Afrika Tengah, Rabu (10/8/2022).

Penyerahan medali penghargaan itu diserahkan oleh Deputy Special Representative Of Secretary General Madame Lizbeth Cullity kepada perwakilan personel yakni Iptu Taufan Ardiansyah dan Briptu Alviyude Yosephus Mooy.

Diketahui, sebanyak 104 Personel Polri yang tergabung dalam Satgas GARBHA FPU 3 MINUSCA mendapat penganugerahan medali Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN Medal) yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Veteran Indonesia.

Baca juga: Bakti Sosial: Polres Nagekeo Bantu Pembangunan Mushola Al Usman Nanganumba di Kecamatan Aesesa

Saat dikonfirmasi, Kamis (11/8/2022), personel FPU 3 MINUSCA, Briptu Alviyude Yosephus Mooy mengatakan penganugerahan medali PBB ini merupakan penghargaan tertinggi dari PBB kepada pasukan pemeliharaan perdamaian yang telah berhasil melaksanakan misi selama 11 bulan berturut-turut.

“Kami Personel Polri yang tergabung dalam Satgas GARBHA FPU 3 MINUSCA melaksanakan misi perdamaian secara profesional, loyal, dedikasi tinggi dan mampu diterima oleh masyarakat Afrika Tengah”, ucap Briptu Alviyude Yosephus Mooy.

Baca juga: Sambut HUT RI ke-77, Aliansi Jurnalis Nagekeo Bagikan Bendera Merah Putih Secara Gratis

Dikatakannya, penyematan medali kepada Pasukan disematkan para tamu Undangan VIP.

Kemudian ada pula tarian tradisional Suku Dayak yang diperankan oleh personel FPU 3 MINUSCA turut memeriahkan suasana usai pelaksanaan Medale parade.

“kami menampilkan berbagai tarian nusantara diantaranya Tari Tidayu dan menari bersama tarian khas Afrika Tengah yaitu Tarian Jerusalema menambah kemeriahan acara,”katanya.

Dijelaskannya, bahwa ada Platon SWAT yang saat itu tidak bisa mengikuti upacara Penganugrahan medali PBB karena sedang melaksanakan JOIN TASK bersama PORTUGAL QRF ke daerah Bakouma yang berjarak 857 Km yang di tempuh dengan medan yang sangat berat.

Didalamnya terdapat 3 Personel Polda NTT terdiri dari Danru 1 SWAT Ipda Reymond Reynaldo Lusi, (Satbrimobda NTT), Aipda Tias Ballo (Bid Tik Polda NTT) dan Bripka Yosep Afrianto wero (Satbrimobda NTT).

Sementara itu, Deputy FPU 3 MINUSCA AKBP Kevin Lelehuri menyampaikan bahwa Platon SWAT dijadwalkan pulang pada tanggal 20 Agustus 2022 dari Deploy.

“Namun sepulangnya Platon SWAT dari Deploy yang dijadwalkan tanggal 20 Agustus 2022 nantinya, akan dibuatkan upacara penyambutan dan upacara penganugerahan UN MEDAL kepada rekan-rekan Personel Polda NTT yang tergabung dalam platon SWAT” ungkap Deputy FPU 3 MINUSCA AKBP Kevin Lelehuri.

Selanjutnya acara tersebut dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah bersama oleh Para tamu VVIP, VIP, Para Dankontingen dan Perwakilan FPU DAN MILITARY ARMY.

Pewarta: Zainudin Abdulah

Bupati Lombok Timur Ikuti Rapat Penanganan PMK Bali dan Nusra

0

Miindonews, Lombok Timur – Bupati Kabupaten Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy mengikuti rapat secara virtual, dalam rapat koordinasi Progress Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Provinsi Bali, NTB, NTT dan Sulawesi Selatan, Rabu (10/08).

Dalam arahannya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Masves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan agar di Bali tetap memberlakukan status khusus penguncian wilayah atau lock down sampai perhelatan G-20 Indonesia.

Ditegaskan Luhut, nol kasus terlaporkan untuk wilayah Bali wajib di pertahankan. Sementara kepada NTT, Menko meminta agar dapat mempertahankan status hijau melalui implementasi disiplin zonasi lalu lintas serta bio-security yang ketat. 

Sementara untuk Sulawesi Selatan, Luhut meminta, agar segera menyelesaikan vaksinasi yang sudah dialokasikan di awal Agustus.

Baca juga: Polres Lombok Timur Musnahkan Puluhan Gram Sabu dan Ribuan Liter Miras

Ia berharap capaian vaksinasi dapat dikawal dengan baik sehingga dalam waktu satu bulan alokasi awal di bulan Agustus berupa 115.000 dosis vaksin untuk Sulawesi Selatan dapat dioptimalkan. 

Harapan yang sama juga Luhut sampaikan untuk kawasan Provinsi Bali dan NTB, yaitu agar capaian vaksinasi lebih dari 90% di akhir Agustus.

Menghindari kendala terhambatnya penyediaan obat – obatan dan vitamin. Menteri Luhut memerintahkan agar menghitung kebutuhan, memeriksa ketersediaan dan kondisi rantai persediaan.

“Tidak boleh ada kondisi dimana peternak tidak dapat menemukan suplai obat atau vitamin,”ujarnya.

Luhut juga meminta agar Babinsa dan Bhabinkamtibmas dapat dilibatkan secara aktif dalam operasional lapangan, termasuk kegiatan vaksinasi, pengobatan, testing dan edukasi kepada peternak.

Ia mengimbau agar Kementan dan satgas BNPB memastikan Dinas Peternakan, POV, serta TNI/Polri menerima semua materi, baik SOP, infografis, maupun juknis dalam paket yang terpadu untuk diteruskan sampai ke bawah dan dipahami dengan mudah oleh masyarakat, utamanya peternak.

Pewarta: Husen

Lomba Menghias Tumpeng Non Beras Meriahkan HUT ke-77 RI di Asahan

0

Miindonews, Asahan – Berbagai jenis aneka tumpeng non beras menghiasi meja para peserta lomba menghias tumpeng non beras yang dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten Asahan di Gedung Serbaguna Kisaran, Rabu (10/08/2022).

Lomba hias tumpeng non beras ini digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI).

Hal ini disampaikan Ketua II Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga TP PKK Kabupaten Asahan Derlina John Hardi.

Derlina melaporkan, peserta lomba adalah Dharma Wanita UP Dinas sebanyak 31 peserta dan Dharma Wanita UP Kecamatan sebanyak 25 peserta ditambah 1 dari Dharma Wanita UP Sekretariat Daerah Kabupaten Asahan.

“Diharapkan kepada para peserta dapat mengikuti lomba ini dengan sportif, karena lomba ini selain memperingati HUT RI juga untuk menjalin silaturahmi dan kekompakan antara Dharma Wanita di Kabupaten Asahan”, ucap Derlina.

Baca juga: Bupati Asahan Terima Audiensi SMSI Asahan dan Tanjung Balai

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Titiek Sugiharti Surya, mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah melaksanakan kegiatan ini.

Ia berharap, peserta peserta dapat mengikuti lomba ini dengan sportif.

“Kalah menang dalam lomba hal yang biasa, tetapi kekompakan yang terjalin dalam lomba ini, itu yang paling utama. Karena dengan kekompakan kita dapat membantu Pemerintah Kabupaten Asahan mewujudkan visi dan misinya, mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter”, ucapnya.

Baca juga: Sambut HUT RI ke- 77, Pemkab Asahan Gelar Senam Massal

Diakhir pidatonya, ia mengingatkan peserta lomba agar membuang sampah ditempat yang disediakan oleh panitia. sehingga tempat pelaksanaan lomba tetap bersih seperti sebelum dilaksanakan lomba.

Dikesempatan ini juga Bupati Asahan, Surya, bersama dengan Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Para Asisten dan beberapa OPD meninjau aneka tumpeng non beras yang ikut dalam lomba tersebut.

Juara Menghias Tumpeng Non Beras Dalam Rangka HUT Ke-77 RI

Dharma Wanita UP Dinas

Juara I Bappeda

Juara II Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman

Juara III Disdukcapil

Harapan I BPKAD

Harapan II Dinas Perikanan

Harapan III BKD

Dharma Wanita UP Kecamatan dan Sekrtatiat Daerah Kabupaten Asahan

Juara I Kecamatan Pulau Rakyat

Juara II Kecamatan Bandar Pasir Mandoge

Juara III Kecamatan Kota Kisaran Timur

Harapan I Kecamatan Rawang Panca Arga

Harapan II Kecamatan Aek Kuasan

Harapan III Kecamatan Tinggi Raja.

Pemenang lomba ini akan diberikan hadiah sebelum Penurunan Bendera Merah Putih tangga 17 Agustus 2022 nanti.

Untuk peserta yang tidak meraih juar, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan bersama dengan Ketua I Bidang Pembinaan Karekater Keluarga TP PKK Kabupaten Asahan memberikan hadiah hiburan.

Pewarta: Arman