Kegiatan ekstrakurikuler biasanya dilaksanakan diluar dari proses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan,bakat, minat yang dimiliki peserta didik.
Bisa berkaitan dengan ilmu pengetahuan maupun dalam pengertian khusus untuk membimbing peserta didik dalam mengembangkan potensi dan bakat dalam dirinya baik yang bersifat wajib atau pilihan.
Sebelum kita membahas lebih jauh, ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan menurut Supadi ahli manajemen pendidikan.
Pertama, Proses perencanaan kegiatan ekstrakurikuler Robotik dilakukan satu tahun sekali melalui rapat tahunan.
Kedua, Pelaksanaan ekstrakurikuler Robotik dilaksanakan setiap minggu atau sesuai perencanaan. Kegiatan dilaksanakan di ruang robotik, ruang prestasi, dan ruang audio visual. Materi yang diajarkan dalam kegiatan ekstrakurikuler robotik meliputi pelatihan materi dan materi yang tertuang dalam program kerja.
Ketiga, Pengawasan Kegiatan Ekstrakurikuler Robotik dilakukan setiap diadakannya kegiatan dengan melakukan pengawasan langsung. Tahap ini betujuan memastikan bahwa kegiatan dilakukan sesuai dengan prosedur. Pengawasan dilakukan oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Pembina, pelatih kegiatan ekstrakurikuler robotik dan orang tua.
Kendala yang dihadapi dalam proses pengawasan yaitu ketika pihak sekolah tidak dapat mengawasi pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler robotik, namun kendala tersebut dapat diatasi dengan adanya kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua.
Salahsatu ekstrakurikuler robotik di sekolah dapat memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi siswa. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari mengikuti ekstrakurikuler robotik:
1.Pengembangan Keterampilan Teknologi
Ekstrakurikuler robotik memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan teknologi yang penting, termasuk pemrograman, desain mekanik, elektronik, dan penggunaan perangkat lunak terkait. Ini dapat memberi mereka landasan yang kuat dalam teknologi yang semakin relevan di dunia modern.
2.Kreativitas dan Inovasi
Kegiatan robotik sering mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam merancang dan memprogram robot. Mereka harus menemukan solusi unik untuk tantangan yang mereka hadapi, yang dapat merangsang kemampuan berpikir di luar kotak.
3.Keterampilan Pemecahan Masalah
Siswa akan menghadapi berbagai masalah teknis dan desain saat bekerja dengan robot. Ini akan membantu mereka mengasah kemampuan pemecahan masalah, termasuk menganalisis masalah, merancang solusi, dan menguji ide-ide.
4.Kerja Tim dan Kolaborasi
Banyak proyek robotik melibatkan kerja tim, di mana siswa harus bekerja sama dalam kelompok untuk merancang, membangun, dan menguji robot. Ini mengajarkan mereka tentang kerja tim, komunikasi, dan bagaimana bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama.
5.Keterampilan Komunikasi
Siswa harus dapat menjelaskan ide dan solusi mereka kepada rekan tim, guru pembimbing, dan mungkin juga di depan audiens yang lebih besar. Ini membantu meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan.
6.Kemandirian dan Tanggung Jawab:
Siswa akan belajar mengelola waktu mereka, mengatur tugas, dan mengambil tanggung jawab atas perkembangan proyek mereka. Ini membantu mengembangkan kemandirian dan disiplin.
7.Pengalaman Praktis dalam Ilmu dan Teknik:
Siswa akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep ilmiah dan teknik melalui penerapan praktis dalam merancang dan membangun robot.
8.Pengenalan Karir Teknologi dan Rekayasa:
Ekstrakurikuler robotik dapat memperkenalkan siswa pada berbagai karir di bidang teknologi dan rekayasa, seperti insinyur, programmer, ilmuwan data, dan lainnya.
9.Peningkatan Percaya Diri:
Merancang, memprogram, dan mengendalikan robot yang berhasil dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa, terutama ketika mereka melihat hasil kerja keras mereka berbuah.
10.Persiapan untuk Masa Depan:
Kemampuan dalam teknologi dan pemrograman semakin penting dalam dunia kerja modern. Ekstrakurikuler robotik memberi siswa dasar yang kuat untuk menghadapi tuntutan masa depan.
11.Penghargaan untuk Prestasi:
Kegiatan robotik sering berpartisipasi dalam kompetisi dan turnamen. Ini memberi siswa peluang untuk bersaing dan mendapatkan penghargaan atas prestasi mereka.
12. Kehidupan Sosial dan Persahabatan:
Ekstrakurikuler robotik juga memungkinkan siswa untuk bertemu dan berinteraksi dengan rekan seumuran yang memiliki minat yang sama, membangun persahabatan dan hubungan sosial yang bermanfaat.
13. Persiapan di Dunia Kerja
Kegiatan ronotok memberikan dampak positif bagi dunia kerja ke depan, dengan pengalam ekstra terkait robotik menjadi modal dasar di dunia kerja
Secara keseluruhan, ekstrakurikuler robotik di sekolah dapat memberikan siswa peluang berharga untuk mengembangkan berbagai keterampilan dan kualitas yang penting untuk masa depan mereka.
Sumber: https://doi.org/10.21009/improvement.v7i1.15842
Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler