Masyarakat Gorontalo, Bentuk Posko Relawan Lawan Covid-19

Foto : Relawan Covid 19

Miindonews, Gorontalo – Masyarakat yang melintas di jalan Yusuf Gorontalo dikagetkan dengan kehadiran beberapa beberapa masyarakat yang menamakan dirinya sebagai relawan Gorontalo lawan covid.

Pasalnya para relawan tersebut selain membagikan masker, hands sanitizer, nasi bungkus kepada warga yang melintas, mereka juga mendirikan posko dilokasi tersebut dengan tagar #bersamauntukwarga

Rahmat selaku Ketua Relawan Gorontalo Lawan Covid menjelaskan, perkembangan kasus covid-19 di Pulau Jawa dan Bali sudah sangat mengkhawatirkan, sehingga Pemerintah mengeluarkan kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Baca Juga : Menpora Amali Pesan Atlet Indonesia Untuk Olimpiade Tokyo 2020 Jaga Prokes Secara Ketat dan Torehkan Prestasi

Kemudian adanya kluster Covid-19 di Bandara Djalaluddin Gorontalo membuat Pemerintah daerah Provinsi Gorontalo juga menerbitkan Surat Edaran yang mengatur prosedur masuk keluar Gorontalo untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu, kehadiran Posko Relawan Gorontalo Lawan Covid dimaksudkan untuk membangkitkan rasa kebersamaan masyarakat Gorontalo untuk secara bersama-sama berupaya mencegah penyebaran Covid-19 di Provinsi Gorontalo melalui Gerakan Sosial Bantuan Covid-19.

“ Pendirian Posko bertujuan untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dan mencegah terjadinya peningkatan angka kemiskinan masyarakat di masa Pandemi Covid-19,” Kata Rahmat, Kamis (8/7/2021).

Selain itu, lewat posko tersebut para relawan juga akan memberikan informasi kepada masyarakat terkait bantuan-bantuan sosial yang dibutuhkan masyarakat, keberadaan kamar isolasi kosong, ketersediaan oksigen, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan penanganan pandemi Covid-19 di Provinsi Gorontalo.

Juga termasuk mencegah penyebaran berita hoax yang mendiskreditkan pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi, penegakan Protokol Kesehatan Covid-19 serta kebijakan lainya.

Menurut Rahmat, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 diperlukan sinergitas dan partisipasi aktif antara dengan seluruh elemen masyarakat. Baik itu dari kalangan pengusaha, tokoh agama, tokoh adat maupun tokoh masyarakat lainnya tanpa terkecuali.

“ Tanpa adanya sinergitas maka upaya kita menekan penyebaran virus Covid-19 dan melakukan pemulihan ekonomi akan sulit terwujud,” Kata Rahmat.

Ia pun berharap dengan adanya Posko Bantuan Penanganan Covid-19 ini, akan dapat membantu masyarakat dan pemerintah dalam menekan perkembangan virus Covid-19 di Gorontalo dan meminimalisir dampak ekonomi terutama kepada warga masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Pada kegiatan launching Posko Bantuan Penanganan Covid-19 tersebut relawan membagikan 250 Nasi Bungkus, 10 box masker dan 500 hand sanitizer kepada masyarakat umum terutama yang terdampak Covid-19 seperti pengemudi Bentor, Supir Truk dan pelaku Usaha Kecil.

Pewarta : Arn

Editor : Gusti Wilantara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *