Menpora Amali Kukuhkan Kontingen Indonesia Menuju Olimpiade Tokyo 2020

Foto. Menpora RI, Zainudin Amali Saat Pengukuhan Kontingen Indinesia Menuju Olimpiade Tokyo

Miindonews, Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali resmi mengukuhkan kontingen Indonesia yang akan menuju Olimpiade Tokyo 2020 di Jepang secara virtual, Kamis (8/7) pagi.

Setelah dikukuhkan Menpora Amali, kontingen Indonesia nantinya akan dilepas secara resmi Presiden Joko Widodo di Istana Negara siang nanti.

Acara pengukuhan kontingen Indonesia ini dihadiri Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020, Rosan Roeslani, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

Hadir pula sejumlah pimpinan cabang olahraga antara lain Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), Basuki Hadimuljono, Ketua Umum Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (Perpani), Illiza Sa’aduddin Djamal, Sekjen PB PRSI Ali Andi Patiwiri dan lainnya, serta para para atlet dan pelatih.

Baca juga: Menpora Amali Dukung Kemenkes Soal Larangan Sponsor Industri Rokok

“Dengan mengharap rahmat Allah subhanahu wa ta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia atas nama Pemerintah Republik Indonesia, mengukuhkan kontingen Indonesia yang akan bertanding di olimpiade musim panas di Tokyo Jepang dibawah pimpinan CdM, bapak Rosan Roeslani,” kata Menpora Amali.

Dalam sambutanya, Menpora Amali menyampaikan bahwa saat ini masih situasi pandemi COVID-19, sehingga pemerintah, NOC dan CdM memutuskan pengukuhan dilakukan secara virtual.

“Tentu ini tidak mengurangi makna dari tradisi pengukuhan kontingen yang kita lakukan pada setiap pemberangkatan kontingen Indonesia pada masa-masa normal sebelumnya,” katanya.

Menpora Amali mengapresiasi upaya dan kerja keras dari pimpinan cabang olahraga, KONI, Komite Olimpiade Indonesia dan CdM karena telah berhasil menghasilkan 28 atlet untuk berangkat ke olimpiade. Jumlah ini melebihi dari yang ditargetkan sebelumnya yang hanya 22 atlet saja.

“Tentu ini adalah satu hasil dari kerjasama semua stakeholder. Sebab, tidak mungkin pemerintah tanpa dukungan daripada para pimpinan cabang olahraga, KONI, Komite Olimpiade Indonesia dan tentu CDM serta seluruh atlet dan para pelatih,” pungkasnya.

Menpora Amali berharap, 28 atlet yang akan bertanding di olimpiade bisa tampil maksimal dan meraih prestasi dengan raihan medali emas.

“Sebagaimana yang kita sudah dicanangkan di dalam Desain Besar Olahraga Nasional atau Grand Design Olahraga Nasional bahwa secara bertahap kita menargetkan hasil atau prestasi yang membanggakan kita,” ungkapnya. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *