Penerima Vaksinasi di Hulonthalangi Naik Drastis

Foto : Penerima Vaksinasi di Hulonthalangi Naik Drastis

Miindonews, Gorontalo – Penerima vaksin covid-19 di Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Camat Hulonthalangi Lukman Laisa menjelaskan, sasaran vaksinasi covid-19 di Hulonthalangi sebanyak 13 ribu jiwa. Dari sasaran tersebut sudah 6.193 atau 45,26 persen yang mengikuti atau telah di vaksin dosis pertama.

Langkah yang di ambil untuk percepatan vaksinasi, Lukman melakukan sosialisasi secara door to door atau datang langsung menyambangi warga.

“ Kami terus melakukan sosialisasi tentang vaksinasi secara door to door, dan hasilnya sekarang sudah lebih dari separuh penduduk di Kecamatan Hulonthalangi menerima suntikan vaksin,” kata Lukman usai menghadiri reses Fikram Salilama anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Jumat (19/11/2021).

Baca Juga :

Diduga Terlibat Pendanaan Teroris JI, Farid Okbah dkk Terancam 15 Tahun Penjara

Kemudian pada vaksinasi dosis kedua sudah sekitar 3.765 jiwa yang telah di vaksin.

Selain itu, Lukman mengungkapkan, ada beberapa kendala yang di temui saat membuka gerai vaksinasi covid-19, seperti kurangnya warga yang ikut. Hal ini terjadi karena sebagai besar warganya tinggal di pesisir pantai dan berprofesi sebagai nelayan.

“ Kadang kalau bertepatan dengan layanan vaksinasi ada sebagian warga yang profesinya sebagai nelayan itu turun melaut dan itu kendala yang kami hadapi saat pelaksanaan vaksinasi,” ujar Lukman.

Namun menurut Lukman, warganya rata-rata bersedia untuk divaksin, hanya karena bertepatan mereka turun melaut sehingga belum sempat ikut vaksinasi.

“ Walaupun ada sedikit kendala kami tetap menggalakkan vaksinasi untuk meningkatkan cakupan vaksinasi sesuai target pemerintah, yakni 80 persen sampai akhir tahun,” ungkapnya.

Lukman menjelaskan, jika peningkatan cakupan vaksinasi di Kecamatan Hulonthalangi tak lepas dari peran Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Fikram Salilama yang selalu mendorong antusias warga untuk mengikuti vaksinasi.

“ Kalau peran pak Fikram di Kecamatan Hulonthalangi juga sangat besar, kebetulan ia warga sini dan beberapa kali menggelar layanan vaksinasi di kediamannya, dengan memberikan door prize atau pengganti transport para warga yang mengikuti vaksinasi,” terang Lukman.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Fikram Salilama berpesan agar protokol kesehatan tidak boleh kendor di setiap aktivitas sehari-hari walaupun kasus covid-19 saat ini sudah melandai.

“ Terutama penggunaan masker itu jangan sampai lupa, karena kalau kita lalai maka bisa saja kita yang terkonfimasi positif atau kita sendiri yang akan menularkan kepada oang lain. Jadi tolong, tetap patuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Pewarta : Arlan

Editor : Gusti Wilantara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *