Ucapan Selamat Langsung Kepada Eko Yuli, Menpora Amali Sebut Rakyat Indonesia Bangga

oleh -
Foto : Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali melakukan video call dengan Lifter putra Indonesia, Eko Yuli Irawan usai menambah perolehan medali pada Olimpiade Tokyo 2020 dalam pertandingan yang digelar di Tokyo International Forum, Minggu (25/7) siang WIB.

Miindonews, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali melakukan video call dengan Lifter putra Indonesia, Eko Yuli Irawan usai menambah perolehan medali pada Olimpiade Tokyo 2020 dalam pertandingan yang digelar di Tokyo International Forum, Minggu (25/7) siang WIB.

Pada kesempatan ini, Menpora Amali menyampaikan ucapan selamat atas sumbangan medali perak yang diraihnya tersebut dan menyebut membuat rakyat Indonesia sangat bangga.

“ Kita bangga atas perjuangan Eko dan teman-teman di Olimpiade Tokyo semangat untuk berjuangnnya itu. Luar biasa yang sudah kalian tunjukan,” kataMenpora Amali saat berbincang-bincang dengan Eko lewat panggilan video, Minggu (25/7).

Baca Juga : Bripka Eko Saragi : Motif Pembacokan Kepada Noni LK Belum Diketahui

Menpora Amali menyampaikan, ucapan selamat dari Presiden Indonesia Joko Widodo kepada Eko.

“ Dapat salam dari Bapak Presiden. Pak Presiden mengatakan, selamat, dan semangat terus, mudah-mudahan Olimpiade Paris masih bisa,” ujara Menpora Amali.

Menurut Menpora Amali, Eko kedepan bisa turut membina atlet-atlet junior angkat besi sehingga bisa mengikuti jejaknya di Olimpiade. Angkat besi masuk sebagai cabang olaharaga unggulan dalam grand design olahraga nasional. Sejalan dengan itu, akan dibangun trainning camp di Cibubur dengan fasilitas yang lengkap.

“Jadi semangat, sambil membimbing yang junior-junior,” pesan Menpora Amali.

Sementara itu, Eko Yuli Irawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Menpora Amali atas dukungan pemerintah selama ini sehingga para atlet dapat meraih prestasi olahraga di Olimpiade.
“Terimakasih pak dukungannya, doanya, maaf masih medali perak (yang diraih),” katanya.

Ia menyampaikan, semua kebutuhannya selama di Tokyo tercukupi oleh NOC Indonesia dan CdM kontingen Indonesia Olimpiade Tokyo 2020. Meski demikian, dia mengatakan kepada Menpora Amali karena situasi pandemic COVID-19 latihannya agak terganggu.

“ Covid -19 luar biasa, makanya latihan agak terggangu. Tapi mau gimana. Pesan bapak kan (Menpora) yang penting sehatnya dulu,” ujarnya.

Untuk diketahui, Indonesia berhasil menambah perolehan medali yang disumbangkan Lifter putra, Eko Yuli Irawan, di Olimpiade Tokyo 2020 di kelas 61 kg putra dalam pertandingan di Tokyo International Forum, Minggu (25/7) siang WIB.

Eko Yuli meraih medali perak setelah menempati peringkat kedua di kelas 61kg dengan total angkatan 302kg dari angkatan snatch 137kg dan 165kg angkatan clean and jerk di kelas 61 kg.

Eko Yuli Irawan sejatinya bisa menorehkan tinta emas asal di angkatan clean and jerknya tidak gagal. Mulus di angkatan pertama dengan 165 kg, tapi lifter asal Lampung ini gagal di angkatan kedua dan ketiganya dengan berat 177 kg.

Sementara itu, medali emas diraih oleh lifter unggulan asal Cina, Li Fabin, dengan total angkatan 313 kg. Dia berhasil mengangkat beban 141kg di angkatan snatch, lalu 172kg di angkatan clean and jerk. Kemudian, Igor Son dari Kazakhstan meraih medali perunggu dengan total angkatan 294kg.

Editor : Gusti Wilantara