Anggota Komisi V DPR Eddy Santana Desak Percepatan Pembangunan Tol Trans Sumatera

Anggota DPR RI, Edi Santana (Dok.dpr.go.id)

Miindonews, Anggota Komisi V DPR RI Eddy Santana Putra mengatakan pembangunan tol Trans Sumatera; Palembang, Indralaya, Muara Enim dan ruas tol Kayu Agung, Palembang, Betung dan Jambi harus segera selesai.

Hal itu disampaikan Eddy setelah meninjau dan berdialog dengan dengan Ditjen bina marga, Ditjen SDA, BPJT dan Waskita Sriwijaya Tol, Kamis lalu (23/6/2022) lalu.

“Kami melihat masih perlu adanya percepatan-percepatan, entah itu dari BPJT, pengembangan jalan tol, maupun yang diberi kewenangan badan usaha jalan tol. Baik itu Waskita Sriwijaya dan Hutama Karya.” Kata Eddy.

Baca juga: Anggota DPRD Sumut Kunker ke Pemkab Asahan

Ia mengatakan, pembangunan tol Trans Sumatera masih banyak menemui keluhan terutama terkait pembebasan lahan dan anggaran yang masih belum tersedia.

Berdasarkan informasi, lahan pembangunan tol di Betung hingga Jambi yang melewati kebun-kebun kelapa sawit punya satu orang.

“Sebenarnya harusnya pembebasan lahan jadi lebih mudah. Negosiasi dan pendekatannya lebih gampang. Saya kira ini tidak lama lagi bisa selesai. Kita mohon bantuan gubernur melalui teman-teman di lapangan agar lebih cepat, ini yang dikeluhkan teman-teman tadi kenapa tidak dipercepat mainroad trans sumatera, tol road dari Bakauheni ke Medan. Artinya nanti ke Jambi bisa lebih cepat, maka perlu diadakan percepatan pembangunan,” ujar Eddy.

Baca juga: Tak Pecat Eks Napi, Ketua Komisi III DPR RI Bakal Cecar Kapolri

Eddy menilai dari tol Bakauheni ke Palembang sampai Kayuagung Palembang banyak di temui keluhan kerusakan. Bahkan Belum di resmikan saja sudah rusak.

Ia menuturkan, saat rapat di senayan, pak mentri berjanji akan dilakukan perbaikan sementara. Setelah itu, dilakukan perbaikan permanen. “Sudah kita sampaikan dan itu yang sedang kita tunggu,” kata Edi.

“Untuk yang sekarang sedang dibangun agar juga lebih diperhatikan. Permukaan tol harus lebih rata, lebih bagus, dan lebih kuat konstruksinya. Kami minta dari sekarang sudah ada perhatian dan antisipasi,” tambah Edi.

Kata dia, Komisi V DPR RI semua kompak mendorong trans sumatera harus segera selesai.

“Itu yang akan kita sampaikan kepada teman-teman di badan anggaran (banggar), komisi XI dan kementrian keuangan, ada tadi disebut bantuan luar negri, mungkin ada APBN dan dari yang lain,” jelasnya. (Rs-Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *