Asean Para Games 2022: Indonesia Bidik Juara Umum, Target Minimal 104 Emas

Miindonews, SOLO – Indonesia menurunkan 324 atlet di ajang Asean Para Games Solo 2022.

Untuk diketahui, Indonesia akan mengikuti 14 cabor yang dipertandingkan yakni para atletik, swimming, tenis meja, bulutangkis, blind judo, catur, sitting volleyball, CP Football, angkat berat, panahan, boccia, goalball, wheelchair basketball, dan wheelchair tennis.

Dengan kekuatan 324 atlet itu, kontingen Indonesia menargetkan 104 medali emas untuk mewujudkan juara umum. Apalagi, Indonesia berstatus tuan rumah sebagai  modal besar untuk meraih prestasi.

Cabor atletik dan renang menyediakan medali emas terbanyak. Atlet Indonesia diharap dapat menunjukan kemampuan terbaiknya.

Lumbung emas juga diharap dapat digali dari tenis meja dan bulutangkis yang menjadi andalan kontingen Indonesia.

Ketua NPC Indonesia Senny Marbun meyakini para atlet Indonesia di cabor tersebut bisa diandalkan. Ia mengatakan, pada ASEAN Para Games 2017 di Malaysia, kontingen Indonesia sukses meraih juara umum dengan meraih 251 medali, (126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu).

Baca juga: Menpora Amali Optimis Indonesia Juara Umum di Asean Para Games 2022

Tambang emas itu mayoritas didulang dari atletik 40 emas dan renang (39 emas). Kemudian menyusul tenis meja (14 emas), bulutangkis (8 emas) serta angkat besi (7 emas).

“Jelas kami sudah melakukan persiapan yang matang. Bukan hanya di dua cabor tersebut tapi seluruhnya. Belum lagi dukungan dari pemerintah atau Presiden Jokowi yang selalu memberikan perhatian,” terang ketua NPC Indonesia Senny Marbun.

Baca juga: Menpora Amali Kukuhkan Kontingen Indonesia di Asean Para Games 2022

Kontingen Indonesia dikukuhkan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, di Pendapa Balai Kota Surakarta, Senin (25/7/2022). Hadir pula Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Menpora Amali mengaku senang melihat motivasi para atlet begitu bergelora. Mereka bertekad berjuang dan menggapai medali yang didambakan.

“Target sudah jelas, yakni juara umum. Kami percaya dan berharap apa yang sudah diikrarkan, akan terealisasi. Karena kita di peringkat 43 dunia (hasil dari Paralimpiade 2020 Tokyo). Saya sepakat dengan hasil tangan dingin CdM (Andi Herman), yang membawa peringkat kontingen Indonesia meroket di Paralimpiade Tokyo,”kata Menpora Amali.

Zainudin Amali juga mengakui arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang selalu diberikan. Dia berharap semua program yang dirancang untuk kesuksesan APG 2022 bisa berjalan sesuai yang diharapkan. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *