Daftar Pemilu Hari Ini, Dokumen Partai Gerindra dan PKB Dinyatakan Lengkap

Foto. Komisioner KPU, Idham Kholik Memberikan Keterangan Terkait Dokumen Pendaftaran Partai Politik

Miindonews, JAKARTA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik menyatakan, dokumen pendaftaran partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah lengkap.

Selain Gerindra dan PKB juga ada Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Sementara Partai Republikku Indonesia belum lengkap.

“Hari ini, Senin 8 Agustus 2022 ada empat Partai politik yang mendaftar sebagai calon peserta pemilu di KPU RI, yakni Partai Republik Indonesia :11.11 WIB, Hanura :14.4 WIB, Gerindra :15.20 WIB, dan PKB :15.49 WIB. Hal itu berdasarkan hasil pemeriksaan oleh tim KPU RI,”ujarnya saat konferensi pers di Kantor KPU, Senin (8/8).

Baca juga: Gerindra dan PKB Daftar Bersamaan di KPU, Pertanda Koalisi ?

Kemudian berdasarkan pemeriksaan hasil dokumen pendaftaran oleh tim KPU hanya Partai Republikku Indonesia yang belum lengkap.

Kata Idham, bagi partai politik yang dokumen pendaftaran nya belum lengkap masih diberikan kesempatan untuk melengkapinya sampai 14 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB.

Selanjutnya, pihaknya akan melakukan verifikasi administrasi terhadap ketiga parpol tersebut hingga 11 September 2022.

Hasil verifikasi administrasi akan disampaikan kepada masing-masing partai politik pada 14 September nanti.

Baca juga: Prabowo Subianto Ingin Proses Demokrasi di Pemilu 2024 Berjalan Damai

Hingga kini, sudah 18 partai politik yang mendaftar ke KPU. Dengan rincian, 13 partai politik dinyatakan lengkap, 5 diantaranya belum lengkap.

Berdasarkan data KPU, ada 42 partai politik pemegang akun Sipol. Dan ada 14 partai politik lagi yang belum mengkonfirmasi rencana pendaftaran di KPU.

“Setiap hari Tim KPU menyampaikan kepada mereka untuk segera memberikan pendaftaran ke KPU sebelum hari penutupan,”katanya.

Jadwal pendaftaran :

Rabu (10/8), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) : 9.00 WIB, Partai Golongan Karya  (Golkar) :10.00 WIB, Partai Amanat Nasional (PAN) : 10.00 WIB, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) : 10. 00 WIB.

Selanjutnya, Jumat (12/8) Partai Bhinneka Indonesia (PBI): 10.00 WIB, Partai Buruh :10.00.WIB, Partai Suara Rakyat Indonesia (Parsindo): 14.00 WIB, Partai Umat :15.00 WIB.

Minggu (14/8) alias hari terakhir hanya ada satu partai politik yakni Partai Damai Kasih Bangsa (PDKB): 20.00 WIB.

Pewarta: Yondris Puamalo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *