HSP 2022, Kapolres Nagekeo: Momentum Meningkatkan Semangat Bersama Membangun Bangsa

Kapolres Nagekeo, Yudha Pranata Saat Aple Hari Sumpah Pemuda ke 93 Tahun 2022

Miindonews, Nagekeo – Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 tahun 2022 yang mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa” itu merupakan upaya agar dapat menghadirkan sejarah masa lalu untuk selalu direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan dan juga untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Nagekeo, AKBP Yudha Pranata, saat memberi sambutan dalam apel peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman Mako Polres Nagekeo, Jum’at (28/10/22).

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” ujar Yudha.

“Sejarah telah menjelaskan, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa,” sambungnya.

Baca juga: Wakil Bupati Nagekeo Beri Apresiasi kepada Kapolres Nagekeo

Yudha menuturkan, sumpah pemuda selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Lanjutnya lagi, tema peringatan Hari Sumpah Pemuda “Bersatu Bangun Bangsa” adalah pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang. Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah,” ujarnya.

Baca juga: Pengendara Banyak Tak Miliki SIM, Kapolres Nagekeo Janji Hadirkan Mesin Cetak 2023

“Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang,” tambahnya.

AKBP Yudha menyebut, mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya. Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *