Miindonews, JAKARTA – Indonesia kembali hadir dalam Travel News Market 2022. Kegiatan ini diselenggarakan di kota Stockholm (10/11).
Travel News Market adalah salah satu event bergengsi dan menjadi tempat berkumpul para pelaku bisnis serta pemangku kepentingan sektor pariwisata di Swedia. Tidak saja di Swedia namun juga kawasan Nordik.
Dubes RI Stockholm, Kamapradipta Isnomo, menyampaikan “Travel News Market memberikan peluang yang sangat baik bagi Indonesia untuk bertemu langsung dengan para key stakeholders industri pariwisata.
Hal ini juga sebagai ajang untuk memperkuat branding destinasi Indonesia di tengah publik Swedia dan Kawasan.
Ia menjelaskan, partisipasi KBRI Stockholm tahun ini difokuskan untuk menawarkan berbagai destinasi yang menjadi segmen utama wisatawan asal Swedia, yaitu hospitality kelas premium dan paket pariwisata khusus, seperti pengalaman budaya, eco-tourism, dan gaya hidup sehat.
Baca juga: Perkuat SDM, Indonesia dan Austria Sepakati Kerja Sama Ketenagakerjaan
Kamapradipta berharap partisipasi Indonesia tahun ini mampu mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan Swedia ke Indonesia, terutama untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19.
Untuk mendukung ini, KBRI Stockholm juga telah membuka kembali layanan visa bagi turis asing sejak awal November 2022.
“Dengan berkurangnya dampak pandemi dan dilonggarkannya protokol kesehatan di berbagai negara, turis Swedia terlihat sangat antusias mencari informasi untuk menghabiskan liburan di daerah-daerah tropis, seperti Indonesia, dengan keindahan alam serta keragaman dan kekhasan budayanya”, ujar Kamapradipta.
Baca juga: Budaya Khas Indonesia Meriahkan Malam Kebudayaan di Museum Kebudayaan Dunia
Kamapradipta menyebutkan, pada tahun 2018 sebelum masa pandemi Covid-19 yaitu 51 ribu orang. Jumlah ini mengalami peningkatan pada tahun 2019 menjadi 56 ribu orang.
Bahkan, kata dia, selama pandemi pada tahun 2020, terdapat 17 ribu wisatawan asal Swedia yang tetap berkunjung ke Indonesia.
Pada tahun ini, jumlah kunjungan wisatawan Swedia ke Indonesia pada triwulan II menunjukkan peningkatan tajam sebesar 287% jika dibandingkan dengan triwulan I.
Jumlah kunjungan diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan kebijakan visa turis yang semakin terbuka.
Booth Indonesia pada tahun ini tampil meriah dan mendapat perhatian yang cukup besar dari para pengunjung berkat pertunjukan Tari Gelang Dadas yang dibawakan oleh kelompok tari Svensk Indonesiska Bagusföreningen dari kota Malmö.
Selain itu, KBRI Stockholm juga bermitra dengan agen perjalanan lokal Swedia dan Eropa, Asien Paradisresor dan Omintara Travel, untuk memberikan beragam informasi destinasi pariwisata Indonesia kepada para pengunjung.
“Indonesia akan terus upayakan kehadiran di Travel News Market, termasuk tahun depan dan tahun-tahun mendatang, untuk menjaga momentum dan meningkatkan kehadiran brand destinasi Indonesia. Hal ini sangat penting untuk menangkap pangsa pasar yang cukup unik dan berpotensial ini”, ucap Dubes Kamapradipta. (Rs-Red)