Kadis Pertanian Harap Petani Bisa Jadi Penyangga Krisis Pangan di Nagekeo

Bimtek Petani NTT di Nagakeo (foto. Zainudin Abdulah)

Miindonews, Nagekeo – Anggota Komisi IV DPR RI, Julie Sutrisno Laiskodat, bekerjasama dengan Kementerian Pertanian, melalui Dirjen Hortikultura menggelar Bimbingan teknis peningkatan kapabilitas pelaku usaha hortikultura wilayah Nusa Tenggara timur (NTT).

Kegiatan dilaksanakan di Aula Hotel Sinar Kasih, Danga, Kecamatan Aesesa, kabupaten Nagekeo, Jumat (21/10/202).

Kadis Pertanian kabupaten Nagekeo Olivia Monika Mogi mengungkapkan bahwa kondisi pangan nasional bahkan dunia sedang dalam kondisi yang sangat memperihatinkan.

Ia berharap agar Kabupaten Nagekeo dengan kondisi lahan pertanian yang luas dan jumlah petani yang banyak mampu menyanggah krisis pangan di kabupaten Nagekeo.

“Kondisi pangan kita secara global tidak sedang dalam kondisi baik-baik saja. Perlu kerja keras kita semua. Kelaparan makin tajam, perlu kewaspadaan kita semua, terutama kita yang ada di Nagekeo, Kita pastikan pangan di Nagekeo tidak mengalami krisis,”ungkapnya.

Baca juga: Bimtek Petani di Nagekeo, Julie Laiskodat: Petani Harus Pahami Sistem Pertanian Dengan Baik

Ia mengucapkan bahwa Petani harus berbangga bahwa disaat ekonomi Nasional maupun dunia mengalami kemerosotan, Sektor Pertanian paling andil dalam memulihkan ekonomi Nasional.

“Menjadi kebanggaan kita semua, apalagi kita yang terjun langsung menyiapkan pangan. Pengalaman kita selama 3 tahun pandemi, penyokong ekonomi nasional, justru sumbangsih terbesarnya dari sektor Pertanian,” bebernya.

Baca juga: Dua Fraksi di DPRD Nagekeo Pertanyakan Tanggung Jawab Pemda Terhadap THL

Olivia Monika Mogi mengapresiasi langkah anggota DPR RI Ibu Julie Laiskodat, Anggota yang telah berjuang memperhatikan sektor pertanian dengan mengucurkan berbagai bantuan serta melakukan pemberdayaan bagi petani.

Ia berharap agar kegiatan tersebut terus digelar agar memberi manfaat bagi para petani dalam rangka penguatan kapasitas petani dan mendukung peningkatan sektor  pertanian di kabupaten Nagekeo.

“Harapan saya, kita hadir pada hari ini dapat mengikuti kegiatan ini secara baik, materi-materi yang kita terima bermanfaat dan dapat kita implementasikan” Harapnya.

Pantauan media Miindonews, kegiatan tersebut menghadirkan 55 orang peserta. Mereka adalah para petani perwakilan kelompok Tani Hortikultura di Kabupaten Nagekeo.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri yang kompeten dari Kementerian RI, yakni Ir. Nuraini, Koordinator Tanaman Jeruk, Perdu dan Pohon, Ermi Nur Cahyani, Analis Potensi Budidaya Pertanian dan Farid Styawan, Analis Potensi Budidaya Pertanian.

Laporan: Zainudin Abdulah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *