- Advertisement -
BerandaBeritaKunjungan Jokowi ke Ukraina Berbuah Hasil, Ratusan Tentara Ukraina yang Ditahan Dibebaskan

Kunjungan Jokowi ke Ukraina Berbuah Hasil, Ratusan Tentara Ukraina yang Ditahan Dibebaskan

- Advertisement -

Miindonews, JAKARTA – Kunjungan Presiden RI Joko Widodo membawa misi perdamaian sekaligus menghentikan gencatan senjata yang melibatkan negara Ukraina dan Rusia akhirnya mulai mendapat titik terang.

Pasalnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky langsung membeberkan kabar gembira sehari setelah melakukan pertemuan dengan Jokowi di Istana Mariyinsky, Ukraina, pada Rabu (29/6/2022).

Zalensky mengatakan, saat ini ratusan tentara yang sebelumnya menjadi tahanan Negara Rusia sudah dibebaskan. Menurutnya, hal tersebut sebagai bentuk pertukaran tahanan.

“Kami telah memulangkan 144 tentara Ukraina sebagai tawanan perang dari tahanan Rusia,”ujarnya, dalam sebuah video yang ditayangkan Kompas TV, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Jokowi Jadi Pemimpin Negara Asia Pertama yang Kunjungi Ukraina Sejak Invasi Rusia

Dia menerangkan, sebanyak 144 tentara Ukraina yang dibebaskan tersebut  terdiri dari 59 pejuang garda Nasional, 39 pejuang angkatan laut, 28 pejuang  angkatan bersenjata, 17 penjaga perbatasan dan 1 polisi.

Kata Zalenski, tentara tertua di antara pejuang yang dibebaskan berusaha 65 tahun. Sementara tentara termuda berusia 19 tahun.

“Secara khusus, 95 yang bertahan di Azovstal akan pulang,”katanya.

Dijadwalkan, setelah bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zalensky, Presiden Jokowi akan melanjutkan kunjungan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin dalam misi yang sama.

- Advertisement -
- Advertisement -
Stay Connected
1,200FansSuka
1,000PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Pilihan Editor
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Berita Terkait
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini