Muktamar Pemuda Muhammadiyah 2023, Dzulfikar Ahmad Tawwala Terpilih Jadi Ketua Umum

Miindonews, JAKARTA – Muktamar ke XVIII Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah yang digelar di Balikpapan 21-23 Februari 2023 telah usai.

Diketahui, Dzulfikar Ahmad Tawwala terpilih menjadi Ketua Umum dan Najih Prasetyo sebagai Sekretaris Jendral Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Periode 2023-2027.

Pesta demokrasi yang berlangsung selama tiga hari meninggalkan banyak kesan.

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Nagekeo yang hadir langsung bersama Firmansyah Leu dan turut menyumbangkan suara untuk kemenangan Dzulfikarmengaku bangga, puas dan haru terutama usai mengikuti proses penghitungan suara, serta penetapan Ketua Umum.

Hal tersebut diungkapkan Hasbil Rena yang hadir dalam muktamar tersebut. “Kami merasa bangga, haru dan puas, karena kandidat yang kita dukung terpilih menjadi ketua umum”, ungkap Hasbil.

Hasbil Rena mengatakan, bahwa dukungan PDPM Nagekeo bukan tanpa alasan, karena selain punya kemampuan organisatoris, secara emosional Dzulfikar sudah beberapa kali bertemu dan juga junior pada jurusan matematika di almamater yang sama, yaitu Unismuh Makassar.

“pilihan kita kepada Dzulfikar karena beberapa alasan, yakni periode sebelumnya Beliau sebagai Sekjend tapi juga memang kami sudah beberapa kali bertemu dan Fikar, Junior saya di Jurusan Matematika, FKIP Unismuh Makassar”, terang Hasbil.

Baca juga: Gibran Rakabuming Dinilai Layak Diusung Jadi Cawapres di Pemilu 2024

Sebagai Senior yang pernah menjabat sebagai Ketua HMJ Matematika, tentu secara moral punya tanggungjawab untuk berjuang memenangkan Dzulfikar, tembah Hasbil.

Sementara itu, Firman menambahkan bahwa momen Muktamar yang diikutinya memberikan pelajaran besar kepada dirinya, karena telah menunjukkan suasana demokratis yang sangat elok.

“Luar biasa, persaingan sangat ketat, diantara para kandidat, tapi muktamar nya berjalan aman dan sejuk,” jelas Firman.

Sebelum pulang para utusan dari masing-masing daerah akan disuguhkan panitia dengan rekreasi, diantaranya mengunjungi lokasi IKN yang direncanakan hari ini Jumat (24/2/2023).

Profil Dzul Fikar Ahmad

Dzul Fikar Ahmad Tawalla menjadi putra Sulawesi Selatan pertama menjabat Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah. Dzul Fikar Ahmad Tawalla Tempat Tanggal Lahir: Sungguminasa 28 April 1987.

Pendidikan

SD Negeri Romang Rappoa 1999

MTS Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin 2002

SMA Muhammdiyah Limbung 2005

S1 Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Makassar 2013

S2 : Megister Komunikasi, STIKOM Interstudi Jakarta 2021

Pengalaman Organisasi

2008-2010 Ketua Umum Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sulawesi Selatan

2010-2012 Sekretaris Jendral Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah

2012-2016 Ketua Bidang Pemuda Perhimpunan Nelayan Tradisional Indonesia

2018-2022 Sekretaris Jendral Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah

2021-2026 Wabendum Dewan Pimpinan Pusat Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI)

2022-2025 Wakil Ketua Umum I DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia

Pengalaman Kerja

Direktur Pemasaran PT. Anak Ibu Sejahterah, 2008

Direktur Utama PT. Anak Bumi Pertiwi, 2012

Tenaga Ahli Komisi VI DPR RI 2014-2019

Direktur Utama PT. Jati Energi Bersinar,2022

Profil Najih Prasetyo

Najih merupakan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) periode 2018-2020 yang terpilih dalam Muktamar IMM XVIII di Malang, Jawa Timur. Sebelumnya Najih merupakan Ketua Umum DPD IMM Jawa Timur.

Pengalaman organisasi Najih lainnya yaitu sebagai Koordinator Komisariat IMM Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel atau yang kini jadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya.

(Zainudin Abdulah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *