- Advertisement -
BerandaBeritaPartai Demokrat Target 15 Persen Kursi DPR

Partai Demokrat Target 15 Persen Kursi DPR

- Advertisement -

Miindonews, JAKARTA – Partai Demokrat resmi menyerahkan dokumen persyaratan calon peserta Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (5/8/2022).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, pihaknya telah menyerahkan surat pendaftaran sekaligus surat pernyataan partai politik daftar kepengurusan mulai tingkat DPP, 34 DPD Provinsi, DPC di 514 kabupaten /kota. Serta 7.266 tingkat PAC.

Sebagai informasi, dalam kesempatan itu, AHY didampingi jajaran pejabat teras DPP Partai Demokrat dan 34 Ketua DPD Partai Demokrat se- Indonesia.

“Insyaallah, bisa kita lengkapi 100 persen. Sekaligus sebagai follow up dari apa yang kita lakukan secara online dan sudah terdaftar melalui Sipol,”ungkapnya.

Baca juga: AHY Pimpin Demokrat Daftar Pemilu di KPU

AHY menerangkan, akan mengerahkan segala upaya sukses pada pemilihan legislatif. Untuk DPR RI, pihaknya menargetkan kadernya menjadi anggota DPR di seluruh Indonesia atau mengisi 80 daerah pemilihan (Dapil) dengan presentasi 14 – 15 persen suara.

“Kami targetkan mengisi semua 80 Dapil termasuk 3 provinsi baru di Papua jika diikutkan pada Pemilu 2024. Saat ini DPR RI, kami ada 54 orang tetapi tentu kami ingin jauh lebih banyak lagi sehingga peran kami di parlemen jauh lebih kuat dan terasa. Dengan begitu Partai Demokrat akan kembali bangkit dan bisa mengisi ruang demokrasi lebih signifikan lagi,”tuturnya.

Baca juga: Pengamat: KPU Harus Terbuka Soal Informasi Tahapan Pemilu 2024 ke Masyarakat

Lebih lanjut, AHY menyampaikan bahwa belum ada keputusan soal calon presiden yang akan diusung Partai Demokrat pada Pilpres 2024. Begitupun dengan arah koalisi.

Kendati demikian, Demokrat selalu terbuka untuk berkomunikasi dengan semua partai politik. Namun belakangan ini, kata AHY, Demokrat intens berkomunikasi dengan PKS dan Partai NasDem.

“Yang akan kami terus bangun adalah koalisi yang bisa menghadirkan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat hari ini maupun  kedepan,”ungkapnya.

“Belum ada yang secara konklusi terkait dengan koalisi namun hal ini akan terus bergerak secara dinamis. Hari ini kita fokus mendaftarkan Demokrat sebagai peserta Pemilu. Sedangkan ikhtiar membangun koalisi secara paralel terus kami lakukan baik komunikasi dan intensitas silaturahmi dengan partai politik lain,”sambungnya.

Di sisi lain, AHY juga turut menyinggung sejumlah tantangan yang tengah dihadapi Indonesia pasca pandemi Covid -19. Diantaranya masalah ekonomi yang dimana daya beli masyarakat masih terbilang lemah.

Ditambah lagi kata dia, dengan adanya konflik antara Rusia dan Ukraina yang juga memberikan dampak terhadap meningkatnya harga komoditas energi dan pangan di Indonesia.

AHY mengaku telah menyampaikan pesan Kepada Ketua KPU Hasyim Asy’ari agar KPU menjadi lembaga kebanggaan yang terus menjunjung netralitas, independensi, sekaligus bisa menjaga situasi demokrasi terutama dalam rangkaian Pemilu 2024.

Pewarta: Yondris Puamalo

Editor: Rs-Red

- Advertisement -
- Advertisement -
Stay Connected
1,200FansSuka
1,000PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Pilihan Editor
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Berita Terkait
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini