Gubernur Gorontalo Wajibkan ASN Rutin Tes Antigen Covid-19

Foto. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie Saat memimpin rapat Forkopimda

Miindonews, Gorontalo – Gubernur Provinsi Gorontalo, Rusli Habibie wajibkan semua aparaturnya untuk lakukan swab antigen seminggu sekali setiap hari senin.

Kebijakan ini dikeluarkan karena rendahnya tes covid-19 di Provinsi Gorontalo, Selasa, (18/5/2021).

“Mulai dari Gubernur, Wagub, Sekda sampai PTT wajib swab antigen. Jadi pak Sekda buat tertulis (kebijakan ini) dan tembusannya ke BNPB,” tegas Rusli

Baca juga: Hindari Lonjakan Kasus Covid-19, Marten Larang Perayaan Ketupat

Gubernur dua periode ini meminta kepada semua pimpinan OPD untuk mensukseskan kebijakan tersebut dan setiap pelaksanaan swab antigen akan diabsen dan dilaporkan secara berkala.

Menurutnya, laporan kasus covid-19 yang dirilis setiap hari menjadi tidak ada artinya jika tidak diimbangi dengan testing (pengujian) dan tracking (penelusuran) dan treatment (perawatan) yang intensif.

Baca juga: Aliansi Gorontalo For Palestina Bagikan Masker dan Bunga

“Ini zona merah, kuning, hijau percuma semua kalau test dan tracking kita rendah. Justru yang begini yang bahaya kita OTG (orang tanpa gejala) yang tidak terdeteksi dan berpotensi menularkan ke orang lain,” Ujarnya

Sementara itu, Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman mengakui jika proses testing, tracking dan treatment covid-19 sangat baik di provinsi dan kabupaten/kota. Idealnya, rasio test covid-19 per bulan 1:1000 penduduk perminggu.

“Seprovinsi itu ketika dihitung optimalnya 5000 orang yang test setiap Minggu. Jadi kalau penduduk kita 1,1 juta maka minimal 1100 orang dites setiap Minggu,” Kata dr. Yana.

Laporan total kasus positif covid-19 se Provinsi Gorontalo tanggal 17 Mei 2021 sebanyak 5437 kasus. Terdiri dari sembuh 5227 orang, meninggal 169 orang dan dirawat 41 orang.

Pewarta : Arlan

Editor : Rahmat Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *