62 Desa di Sampang Alami Kekeringan Musim Ini

Foto. Ilustrasi

Miindonews, Sampang – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang, Provinsi Jawa Timur (Jatim) Asroni menyatakan, sedikitnya ada 62 desa, tersebar di 13 kecamatan, yang rawan kekeringan saat kemarau.

“Data desa yang rawan kekeringan ini hasil pendataan sementara yang dilakukan tim BPBD Pemkab Sampang di musim pancaroba saat ini,” kata Asroni, Sabtu (30/5/2021).

Baca Juga: Jokowi Tegaskan Tak Ada Toleransi Bagi Pelaku Penyelewengan Anggaran

Tim BPBD Kabupaten Sampang, kata dia, melakukan pendataan desa rawan kekeringan dan kekurangan air bersih saat kemarau itu berdasarkan data kekeringan di musim kemarau tahun lalu.

“Kemungkinan jumlahnya masih bisa berubah. Bertambah atau berkurang. Karena petugas kami sampai saat ini masih melakukan verifikasi data lebih lanjut di lapangan” katanya.

Pendataan jumlah desa rawan kekeringan akan menjadi acuan segala persiapan dan upaya oleh pemerintah kabupaten setempat untuk mengatasi kekeringan yang mungkin terjadi di musim kemarau nanti.

Sebagai salah satu bentuk antisipasi, BPBD Sampang telah melakukan koordinasi dengan instansi lintas sektor, baik Dinas Sosial, juga dengan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Sampang.

Baca Juga: RANS Cilegon FC Siap Berlaga di Liga 2, Raffi Ahmad Minta Doa Restu Menpora Amali

Koordinasi itu terutama dilaksanakan untuk mempersiapkan pasokan air bersih ke desa-desa yang mungkin akan dilanda kekeringan dan kekurangan air bersih.

“Kami juga mulai berkoordinasi dengan para camat dan meminta aparat desa menyampaikan laporan tentang kondisi di desa mereka,” ujar Asroni.

Berdasarkan data BPBD Jatim, Kabupaten Sampang jadi wilayah paling banyak terdampak kekeringan di antara 23 kabupaten/kota lain yang rawan kekeringan.

Ada sebanyak 556 desa yang tersebar di 180 kecamatan di Jawa Timur yang terdata akan mengalami mengalami kekeringan kali ini. Sebanyak 199 desa di antaranya berpotensi tidak mendapatkan air sama sekali.

Selain Kabupaten Sampang, kabupaten lain yang biasa mengalami kekeringan saat kemarau di Jawa Timur antera lain Kabupaten Tuban, Ngawi, Pacitan, hingga Lamongan.

Pewarta: Muzammil

Editor: Rahmad H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *