Bupati Hadiri Rapat Paripurna DPRD Waykanan Dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten WayKanan Ke 22 Tahun

Miindonews, Waykanan-Bupati kabupaten Waykanan Raden Adipati Surya, menghadiri rapat paripurna DPRD dalam rangka hari jadi Kabupaten Waykanan yang ke 22, Selasa (27/4/21)

Hadir dalam rapat Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota DPRD Kabupaten Way Kanan, Wakil Bupat, Forkompimda, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Sekretaris DPRD, Inspektur, Kepala Badan, Kepala Dinas, dan Kepala Bagian dilingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan.

Hadeir juuga, Camat, Kepala Kampung/ Lurah, Ketua BPK se Kabupaten Way Kanan, Sesepuh, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Organisasi Wanita serta Insan Pers, Mahasiswa dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Raden Adipati Surya mengatakan, 22 tahun lalu, Way Kanan lahir sebagai Kabupaten definitive, merupakan pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara. Waykanan sebagai daerah baru, tentu banyak sekali tantangan dan keterbatasan yang dihadapi.

Namun Adipati mnegatakan dengan keuletan dan kesabaran, pemimpin dan rakyat yang bersatu Way Kanan pelan mengalami perubahan kearah yang lebih baik.

” Hari jadi Kabupaten Wayakanan, marilah kita jadikan sebagai moment untuk terus berjuang dan berkarya, mengukir sejarah membangun masyarakat yang semakin baik, dengan mengandalkan potensi sumber daya dan kearifan lokal yang kita miliki, ” ujar Bupati dalam sambutannya.

Ia mengatakan, Kabupaten Way Kanan, diharapkan menjadi wahana untuk melakukan refleksi atas kinerja pembangunan dan pemerintahan secara obyektif, selama perjalanan kurun waktu tahun satu tahun yang diwarnai dengan persoalan dan tantangan yang berat dan kompleks, Covid 19 dengan segala dampak ekonomi dan sosialnya belum berakhir.

Lanjut dikatakan, Di momen HUT Way Kanan juga bersamaan dengan periode RPJMD 2021-2026, saat ini masih dalam proses konsultasi dengan Pemerintah Provinsi.

Dalam konsep RPJMD kata dia, ,selalu mempertimbangkan beberapa kondisi yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang akan kita hadapi dalam pembangunan kedepan. Berdasarkan kondisi, potensi dan letak strategis Way Kanan, yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif tentu sangat menguntungkan untuk percepatan pembangunan daerah.

“Meskipun saat ini kita mengalami tekanan berat akibat covid 19, tetapi dengan keunggulan-keunggulan yang ada kita masih miliki harapan besar menjadi daerah yang unggul dan sejahtera. Dan untuk melaksanakan pembangunan 5 tahun kedepan kita telah menetapkan Visi Way Kanan Unggul dan Sejahtera, ” kata Bupati.

Dalam Visi Way Kanan unggul dan sejahtera, menurut dia, terkandung makna pemerintahan kedepan bertekad membawa Way Kanan, menempati posisi yang baik diantara pemerintah kabupaten lain, baik dari segi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan ekonomi maupun sumber daya manusianya, sehingga warga masyarakat dapat menikmati hasil-hasil pembangunan secara berkelanjutan.

” Program yang dijalankan pemerintah daerah memberikan dampak pada kesejahteraan masyarakat, misalnya kebutuhan fisik, psichis dan sosial masyarakat semakin terpenuhi,” ungkapnya.

Untuk itu lanjut dikatakannya, membangun komitmen, melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Dengan kekompakan, menciptakan suasana damai, membangun sinegritas antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.

“Untuk itu, koordinasi dan sinergitas yang selama ini berjalan dengan baik dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik, bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Way Kanan,” ujarnya.

Pewarta : Abdul Muis

Editor : Gusti Wilantara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *