Komuditas Telur Ayam dan Cabai Rawit Alami Penurunan Harga

oleh -
Foto : Komuditas Telur Ayam dan Cabai Rawit Alami Penurunan Harga

Miindonews, Jakarta – Dua komuditas kebutuhan warga, telur ayam dan cabai rawit mengalami penurunan harga, dari harga tinggi sebelumnya yang mencapai Rp 25 ribu.

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan Sudin (KPKP) Jakarta Barat, telah melakukan pemantauan di delapan pasar yang ada, bulan Agustus hingga September.

” Harga telur ayam ras kini Rp 21.700 dan terjadi penurunan, dibandingkan pada awal bulan Agustus lalu Rp 25.000, ” ujar Kepala KPKP Iwan, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga : Menpora Zainudin Amali Nyatakan Sukses PON XX Papua Jadi Kesuksesan Indonesia

Ia menerangkan, harga cabai rawit juga mengalami deflasi penurunan sebesar Rp 27.900, dari harga jual sebelumnya Rp 53.000.

Sementara itu, untuk tepung terigu dibandrol dengan harga Rp 9.100 dan harga cabai merah mengalami penurunan hingga Rp 25.700.

” Sementara bahan baku pokok lainnya cenderung stabil, ” kata Iwan.

Penyebab turunnya harga imbuh Iwan, karena bahan pasokan barang kembali normal. Artinya tingkat ketersediaan barang di pasar terkendali, akibat dampak dari pembatasan di masing-masing daerah.

” Namun kini tingkat daya beli masyarakat belum meningkat. Hal ini karena masih dalam masa pandemi dan perekonomian masyarakat belum kembali normal, ” pungkasnya.

Pewarta : Desy Rachmawaty

Editor : Gusti Wilantara