Menpora Amali Optimis DBON Bisa Cetak Prestasi Olahraga

Foto. Menpora RI Zainudin Amali

Miindonews, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengungkapkan bahwa desain besar olahraga nasional atau DBON dapat mencetak prestasi olahraga Nasional.

Olahraga yang mengandalkan teknik dan akurasi menjadi dasar dan difokuskan untuk menghadapi Olimpiade maupun Paralimpik.

“DBON bertujuan bagaimana prestasi olahraga kita ini punya desain yang baik kedepan, punya target-target yang jelas, ukuran-ukuran yang jelas,” kata Menpora Amali saat menjadi narasumber pada program Metro TV secara virtual dari Kemenpora, Kamis (25/11/2021). 

Menpora Amali menerangkan, atas target prestasi olahraga yang ingin dicapai itu, pihaknya berdiskusi dengan para stakeholder dan pakar olahraga. Dari diskusi yang dilakukan, maka disepakati untuk berkonsentrasi pada cabang olahraga yang mengandalkan teknik dan akurasi.

Menpora Amali optimis desain besar olahraga nasional (DBON) bisa mencatatkan prestasi olahraga. Menurutnya, DBON akan mencetak juara dan melahirkan atlet-atlet berprestasi.

“Menciptakan atlet berprestasi tentu ada tahapannya ya. Juara harus dicetak melalui DBON. Menurut pakar, setidaknya untuk mendapatkan performa atlet yang optimal itu butuh waktu sekitar sepuluh tahun. Jadi anak berusia 10 atau 12 tahun diharapkan dan kita proyeksikan untuk Olimpiade dimasa-masa yang akan datang. Kita harus persiapkan itu,” jelas Menpora Amali.

Baca juga:

Spesial HUT Metro TV, Menpora Amali Jadi Presenter Berita

Lebih lanjut, Menpora Amali juga yakin dengan big data yang dimiliki, maka talenta anak muda akan terpantau yang nantinya diproyeksikan menjadi atlet. 

“Yang pasti pengembangan prestasi olahraga harus terkoneksi dengan sport science. Dengan begitu, harapan kita untuk berprestasi dalam Olimpiade bisa terwujud. Ditingkat pusat, tim koordinasi ini dipimpin Wakil Presiden. Sedangkan tingkat daerah dipimpin kepala daerah,” pungkas Menpora Amali.

Baca juga:

Menpora Amali Sulut Nilai Sulut Miliki Potensi Besar Kembangkan Potensi Dunia Olahraga

Adapun cabang olahraga yang mengandalkan teknik dan akurasi seperti atletik, bulu tangkis, panjat tebing, senam artistik, angkat besi, balap sepeda, panahan, menembak, renang, dayung, karate, taekwondo, wushu, dan pencak silat. 

“Dua belas cabang olahraga dipertandingkan di Olimpiade dan dua cabang olahraga kita siapkan manakala kita jadi tuan rumah Olimpiade. Kita juga punya harapan besar di pencak silat dan wushu,” terang Menpora Amali.

Dalam DBON ini juga disiapkan 10 sentra pembinaan dan pengembangan keolahragaan. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *