Hari Sumpah Pemuda 2021, Jokowi: Saatnya Pemuda Jadi Pemimpin dan Menangkan Kompetisi

Foto. Presiden Jokowi

Miindonews, Jakarta – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menyebut, peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-93 menjadi momentum bagi pemuda untuk menjadi pemimpin dan memenangkan kompetisi.

Jokowi juga mengatakan, pemuda juga harus bisa menguasai teknologi.

“Dalam dunia yang penuh disrupsi, waktunya kaum muda menjadi pemimpin untuk memenangkan kompetisi. Pemimpin yang menguasai teknologi, bukan dikuasai teknologi,” kata Presiden Jokowi dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 secara virtual, Kamis (28/10).

Jokowi menerangkan, pemuda yang menjadi pemimpin harus berani mengambil inisiatif dan harus mengedepankan sikap humanis.

Pemuda juga harus terus belajar kepada siapa saja, tentang apa saja, serta siap untuk berkontribusi demi kemajuan bangsa Indonesia.

“Era saat ini, start-up yang tumbuh pesat dan menjadi pemain global serta mengalahkan perusahaan lama menjadi bukti dari kekuatan pemuda. Dibidang seni dan budaya, karya serta prestasi pemuda Indonesia telah menarik minat masyarakat dunia,” ujar Jokowi.

“Karya musisi dan seniman-seniman muda Indonesia yang punya reputasi dunia semakin banyak, semakin bertambah. Prestasi besar atlet pemuda kita mengharumkan nama bangsa,” lanjutnya.

Baca juga:

HSP ke 93, Menpora Zainudin Amali: Momentum Persatuan Bangsa

Jokowi memahami tidak semua pemuda Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk menikmati pendidikan tinggi.

Kendati demikian, pemuda Indonesia harus saling memberi informasi, pengetahuan hingga keterampilan.

“Itulah esensi kepemimpinan. Kepemimpinan adalah membantu yang tidak bisa menjadi bisa, dan membantu yang sudah bisa menjadi lebih bisa lagi. Kepemimpinan adalah pengaruh, kepemimpinan adalah inspirasi,” pungkas Presiden Joko Widodo.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *