Menpora Amali Harap PP PBSI Tingkatkan Prestasi di Event Internasional

Foto. Menpora, Zaiunudin Amali

Miindonews, Jakarta- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali berharap kepengurusan Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) masa bakti 2020-2024 agar bisa meningkatkan raihan prestasi dalam menghadapi banyak multievent kedepan.

Hal itu disampaikan Menpora Amali saat menghadiri acara pelantikan PBSI masa bakti 2020-2024 secara virtual di Sitroom Kemenpora, Jakarta, Jumat (9/4/2021) pagi.

 “Pemerintah menaruh harapan besar pada kepengurusan yang dipimpin oleh Pak Agung. Begitu juga dengan masyarakat bulutangkis Indonesia. Paling tidak pada Olimpiade Tokyo 2021 ini. Ada juga Olimpiade 2024 di Paris, Perancis. Asian Games 2022 dan SEA Games 2021 di Vietnam,” kata Menpora Amali

Selain presatasi, Menpora Amali mendorong tata kelola organisasi yang baik dalam kepengurusan PBSI periode 2020-2024 yang dipimpin oleh Agung Firman Sampurna sebagai Ketua Umum PBSI hingga empat tahun kedepan.

Baca juga: Beri Kuliah Umum, Menpora Paparkan Empat Peran Pemuda di Tengah Pandemi Covid-19

Menurut Menpora Amali, Kepengurus yang baru ini harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, termasuk persiapan tata kelola organisasi.

“Saya mendukung dengan apa yang dicanangkan oleh Ketua Umum PP PBSI Pak Agung Firman. Bahwa secara terus menerus perbaikan tata kelola organisasi dan tata kelola lain di dalam pembinaan prestasi menjadi hal yang mutlak dilakukan apabila ingin mencapai prestasi,” urai Menpora Amali.Kata

Menpora Amali menjelaskan, Pemerintah tidak membiarkan cabor berjalan sendirian. Setiap persiapan untuk Olimpaide, Asian Games maupun SEA Games pasti ada bantuan fasilitasi dari pemerintah melalui MoU

“Jika tata kelola baik, maka kepercayaan masyarakat kepada olahraga akan semakin baik. Saya harap dukungan fasilitas APBN dari negara makin hari semakin kecil tapi dukungan dari koorporasi dan swasta semakin baik. Itu akan datang jika tata kelola kita baik,” tambah Menpora Amali. 

Menpora Amali juga telah memaparkan terkait Grand Desain atau Desain Besar Olahraga Nasional sampai dengan tahun 2045 mendatang atau hingga 100 tahun Indonesia Merdeka. Sebagai jawaban dari arahan Presiden saat peringatan Haornas ke-37 lalu. Presiden meminta kepada seluruh stakeholder olahraga untuk mereview total terhadap ekosistem pembinaan olahraga nasional. 

“Pemerintah bersama dengan KONI, NOC, Formi dan juga kalangan akademi, praktisi, perguruan tinggi untuk uji publik dan alhamdulillah telah menghasilkan grand desain atau desain besar olahraga nasional,” tutur Menpora.

Dari Grand Desain itu Kemenpora menempatkan 14 cabor unggulan. Dan peringkat pertama dari 14 cabor unggulan itu adalah cabor bulutangkis. Bulutangkis dinilai konsisten dalam mengikuti ajang olahraga seperti olimpiade dan multieven lain yang memberikan medali. 

Sementara itu, Ketum PP PBSI Agung Firman Sampurna menyampaikan, kemajuan bulutangkis tidak bisa bergantung pada PBSI semata tetapi tentunya membutuhkan dukungan banyak pihak. Mulai dari atlet, pelatih, tenaga medis, sport sciencetist, logistik dan koorporasi. 

“Dimasa kami, kami mengembangkan visi terwujudnya tata kelola terbaik yang mendukung pelatihan kompetisi, meningkatkan minat dan memberikan kesempatan tampilnya bakat-bakat baru secara berkesinambungan menghasilkan atlet berprestasi serta membangun kolaborasi menciptakan sport industrial entertainment,” ujarnya.

Editor: Gusti Wilantara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *