Kemenpora Pastikan Penyelenggaraan PON XX di Papua Sesuai Jadwal

Menpora-Amali--Wagub-Papua-Laporkan-Persiapan-PON-XX-dan-Pastikan-Papua-Aman

Miindonews, Jakarta-  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memastikan penyelenggaraan PON XX di Papua akan dilaksanakan sesuai dajwal yang ditetapkan, yaitu tanggal  2-15 Oktober 2021 mendatang.

Hal itu disampaikan Menpora Amali usai menerima kunjungan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal di ruang kerjanya di lantai 10, Kemenpora, Jakarta Pusat, Selasa (11/5).

Baca juga: Menpora Amali Ingin Indonesia Bebas Dari Masalah Stunting

“Siang ini bapak Wakil Gubernur Papua Bapak Klemen Tinal bertemu dengan kami. Ada beberapa hal yang dibicarakan karena beliau ini selain wakil gubernur, juga ketua umum Perserosi. Wakil Gubernur Papua menyampaikan bahwa sekarang ada tim Skateboard sekarang berada di Amerika persiapan untuk Olimpiade dan tentang kesiapan PON,” kata Menpora Amali. 

Pertemuan itu membahas beberapa program, salah satunya terkait persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Menpora Amali mengatakan, berdasarkan laporan dari Wagub Papua, persiapan penyelenggaraan PON tidak ada masalah dan akan diselenggarakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. 

“Bahkan upaya dari pemerintah provinsi untuk membuat masyarakat sekitar juga terlindungi dari Pandemi. Itu ada kebijakan untuk vaksin. Nanti beliau sampaikan bahwa Papua siap untuk pelaksanaan PON dan mempersilahkan datang ke Papua,” pungkas Menpora Amali. 

Baca juga: Kemenpora Tingkatkan Peran Pemuda Jadi Penggerak Ekonomi Nasional

Pada kesempatan ini, terkait program vaksinasi untuk masyarakat sekitar lokasi kluster PON, Menpora menegaskan bahwa Kementerian Kesehatan sudah berkomitmen untuk membantu proses vaksinasi tersebut. “Yang pasti komitmen dari Menteri Kesehatan, semua (masyarakat sekitar venue PON) akan divaksin sesuai dengan target,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menjelaskan persiapan penyelenggaraan PON di 4 lokasi di Papua yakni Jayapura, Merauke Timika, dan kabupaten Jayapura sudah dipastikan hampir 100 persen. Terutama venue dan penginapan. 

“Semua berjalan sesuai dengan schedule. Jadi ada yang sudah mencapai 100 persen, ada yang 50 persen. Tapi kita harap tiga bulan sebelum PON terjadi sudah sampai ke 100 persen dari venue yang ada sudah 90 persen selesai. Tinggal 10 persen saja,” jelasnya. 

Menurut dia, saat ini hanya tinggal peralatan olahraga. Oleh karena itu pihaknya terus berkoordinasi dengan Kemenpora dan PB PON karena pengadaan peralatan juga harus sesuai dengan standar-standar yang sudah ditetapkan. “Tahun ini kita lakukan itu peralatan. Harapan Kita 3 bulan sebelum PON semua sudah selesai tinggal penyelenggarannya,” harapnya. 

Selain itu, Dia juga menyampaikan bahwa situasi di tempat-tempat penyelenggaraan PON aman dan kondusif. Ia berharap para peserta dari berbagai daerah tidak terpengaruh pemberitaan bahwa Papua tidak aman. 

“Tempat-tempat yang akan berlangsung PON sampai saat ini sangat aman dan bisa dikunjungi. Baik oleh atlet maupun siapa yang mau datang mendukung silakan. Papua itu Indonesia, welcome kami sambut dengan baik silakan datang kita memeriahkan sukseskan PON di Papua,” imbaunya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *