Menpora Beri Dukungan PERKEMI Untuk SEA Games 2023

Menpora RI Zainudin Amali menerima Audiensi Pengurus Besar Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PERKEMI) di Ruang Kerjanya. (Dok. Kemenpora)

Miindonews, Jakarta- Menteri Pemuda dan Olahraga  (Menpora) Zainudin Amali memberi dukungan pada Pengurus Besar Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PERKEMI) untuk SEA Games 2023. Dukungan itu disampaikan Amali saat menerima audiensi PERKEMI di ruang kerjanya di lantai 10, gedung Kemenpora, Jakarta Pusat, Selasa (6/4/2021).

Hadir dalam pertemuan ini Ketua Umum PB PERKEMI, Syaifudin Aswari Rivai, Sekretaris Jenderal, Arif Chandra, Pendiri PERKEMI Indra Kartasasmita dan Majelis Tinggi PERKEMI, Laksdya TNI (Purn) Agus Setiadji.

Dalam audiensi tersebut , Amali mengatakan, kedatangan PB PERKEMI untuk melaporkan kegiatan dan aktivitas yang dijalankan selama ini termasuk juga menjelaskan terkait sejarah PERKEMI dan hubungannya dengan Shorinji Kempo di Jepang.

“Hari ini saya menerima ketua umum dan pengurus besar serta pendiri PERKEMI, mereka melaporkan aktivitas yang sudah dilakukan selama ini serta berbagai hal,” kata Amali usai pertemuan.

Amali juga menyampaikan,kedatangan PB PERKEMI untuk melaporkan dan meminta dukungan terkait rencana keikutsertaan mereka dalam kejuaraan dunia Kempo dan Sea Games 2023 nanti. 
Amali menyampaikan bahwa pemerintah mendorong pengurus besar dan para atlet  agar Shorinji Kempo tetap bersemangat.

“Tentu pemerintah sangat mengapresiasi dan mendorong dan kehadiran dari beliau-beliau ini ke tempat kami itu sebagai pertanda bahwa kami sangat menyambut baik kepengurusan PB PERKEMI dibawah ketua umum Pak Aswari,” jelasnya.

Terkait adanya dua organisasi Kempo,lanjut Menpora, sikap pemerintah mendukung organisasi Kempo tertua di Indonesia yakni PERKEMI yang sudah berusia 56 tahun dan statusnya hukum di Kementerian Hukum dan HAM.

“Kita lihat aja sejarahnya, kemudian bagaimana tercatatnya di Kementerian Hukum dan HAM dan di KONI. Di KONI itu mereka ini (PERKEMI) terdaftar. Mreka ada di 33 provinsi,” papar Amali.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PB PERKEMI, Syaifudin Aswari Rivai mengungkapkan bahwa organisasinya sudah berumur 56 tahun dan sudah tersebar di 33 provinsi di seluruh Indonesia.

“Kita memiliki 1800 dojo, tempat berlatih di seluruh Indonesia. Kita memiliki kurang lebih 350 ribu kenshi aktif dan kita sudah mengikuti kegiatan-kegiatah dari Popnas, PON, sampai ke Sea Games. Bahkan kita pernah menjadi juara umum mendapatkan begitu banyak medali di Sea Games,” jelasnya.

Dengan, Aswari berharap dukungan pemerintah khususnya Kemenpora dalam setiap event yang akan diikuti PERKEMI kedepan. “Kami berharap Pak Menteri agar kiranya kami mendapat dukungan untuk mengikuti Sea Games 2023 nanti di Kamboja. Pak Menteri terimakasih responnya. Terimakasih dukungannya, kepada PERKEMI,” tutup Aswari.

(Gusti Wilantara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *