Sukses di Tengah Pandemi, Menpora Amali Harap PON XX Papua Jadi Contoh Event Besar Olahraga

menpora zainudin amali
Foto Bersama Menpora Amali dan Tim Sepakbola Papua Usai Penyerahan Medali Pasca Laga Final Papua vs Aceh

Miindonews, JakartaMenteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menilai pelaksanaan PON XX Papua hingga sehari menjelang upacara penutupan yang digelar pada Jumat (15/10) masih berjalan dengan kondusif tanpa ada gangguan yang yang berakibat PON harus terhenti.

Menpora Amali mengharapkan penyelenggaraan PON ini tetap berjalan sukses tanpa hambatan hingga acara penutupan. Sehingga PON menjadi contoh penyelenggaraan event besar olahraga di tengah pandemi COVID-19.

“Mudah-mudahan sampai besok lancar semua, karena besok penutupannya. Sehingga PON XX Papua benar-benar menjadi contoh dan pelajaran buat kita melaksanakan kegiatan olaharaga berskala besar di tengah-tengah pandemi,” ucap Menpora Amali usai menyaksikan babak final Papua vs Aceh pada cabang olahraga Sepakbola PON XX di Stadion Mandala Jayapura, Kota Jayapura, Kamis (14/10) malam.

Baca juga:

Cabor Handball PON Papua, DKI Jakarta Raih Medali Emas Usai Taklukan Jabar di Babak Final

Menpora Amali menerangkan PON XX ini tidak hanya sukses penyelenggaraan dengan aman dan lancarnya kegiatan saja, namun juga sukses prestasi dan sukses penerapan protokol kesehatan.

“Ada beberapa kesuksesan yang diharapkan, sukses penyelenggaraan saya kira semua lancar aman sesuai dengan rencana tidak ada gangguan yang berarti dan signifikan yang menggangu PON ini. Dan kalau sukses prestasi banyak rekor yang terpecahkan,” terangnya.

Dalam ajang bergengsi nomor satu di Indonesia yang dilaksanakan di tengah pandemi ini, Menpora Amali mengaku terkejut adanya 57pemecahan rekor dari berbagai cabang olahraga.

“Ini berarti kesiapan dari masing-masing kontingen, atlet dan pelatih luar biasa mempersiapkan diri dengan dibuktikan 57 rekor yang dipecahkan selama PON ini,” ujar Menpora Amali.

Adanya PON ini juga menurut Menpora Amali memberi dampak ekonomi yang sangat baik kepada masyarakat Papua utamanya di daerah pelaksanaan PON seperti Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.

Baca juga:

Menpora Amali: Wakil Presiden Ma’ruf Amin Akan Tutup PON XX Papua

“Itu luar biasa pertumbuhannya bagus, data dari Bank Indonesia luar biasa menggeliatnya ekonomi yang ada di Papua ini,” ungkapnya.

Dalam hal penerapan protokol Kesehatan pun menurut Menpora Amali sudah bagus meskipun ada beberapa atlet yang positif COVID-19.

“Tetapi saya mendapatkan informasi, sore tadi sudah banyak yang sembuh dan kita berharap sampai dengan akhir bisa tetap sehat karena banyak yang tidak bergejala. Jadi empat sukses itu, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi dan prokes yang dilakukan dengan disiplin,” terangnya.

Pencapaian baik dalam penyelenggaraan PON menjadi bukti atas jawaban yang meragukan bahwa penyelenggaraan PON XX di Papua tidak akan berjalan sukses.

“Kita buktikan, apa yang sudah menjadi tagline dari PON XX Papua ini, “Torang Bisa” dibuktikan masyarakat Papua. Masyarakat Papua bisa, masyarakat Papua mampu dan masyarakat Papua membuktikan PON ini sukses,” jelasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *