PON XX Selesai, Menpora Amali: Papua Sukses Prestasi, Sukses Penyelenggara, dan Sukses Ekonomi

menpora amali
Menpora Amali Sebut Papua Sukses Prestasi Sukses Penyelenggara dan Sukses Ekonomi (sumber: kemenpora.go.id)

Miindonews, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengapresiasi dan memuji provinsi Papua yang telah sukses menyelenggarakan PON XX 2021 dengan aman dan lancar, tanpa adanya gangguan. Bukan hanya sukses pelaksanaan, tapi menurutnya, juga sukses prestasi dengan menduduki posisi empat besar klasemen PON XX.

Menpora Amali menyebutkan bahwa sejak awal penyelenggaraan PON, panitia dan pemerintah mencanangkan beberapa target dalam penyelenggaraan kegiatan multi event olahraga ini, diantaranya sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses dampak ekonomi kepada masyarakat Papua.

“Bagi Papua sendiri ini sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses ekonomi. Dan kita dukung sukses-sukses yang disampaikan oleh Papua itu. Dan ternyata bisa sukses prestasi. Khususnya untuk Papua mereka mendapatkan posisi yang nomor empat di perhelatann PON ini,” kata Menpora Amali dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu sore (16/10/2021).

Baca juga:

Wapres Ma’ruf Amin Puji Dukungan Menpora Zainudin Amali di PON Papua

Menurut Menpora Amali, hasil tersebut merupakan sebuah prestasi yang luar biasa bagi Papua, sebab selama ini dari PON ke PON posisi lima besar selalu diduduki antara Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta DAN Jawa Tengah.

“Tetapi Papua bisa menembus itu, dia peringkat keempat perolehan medalinya dan itu suskses prestasi buat mereka,” jelasnya.

Selain itu, walaupun berlangsung di tengah pandemi, sejumlah prestasi yang luar biasa juga ditorehkan secara nasional melalui PON 2021 ini, dimana terdapat 90 rekor yang berhasil dicatat dalam ajang olahraga.

“Saat-saat pandemi seperti sekarang masih bisa pemecahan rekor, data terakhir yang saya kumpulkan ada sejumlah 90 rekor yang dipecahkan baik nasional maupun PON dari cabang-cabang Atletik, Renang, Angkat Besi, Menembak dan Angkat Berat, kemudian ada tambahannya di Selam,” terang Menpora Amali.

Dalam pengakuannya, hal yang membuat Menpora Amali bertambah lebih senang ialah rekor-rekor yang muncul dalam event tersebut diperoleh oleh cabang-cabang olahraga yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang merupakan pedoman pembinaan porestasi olahraga nasional.

Baca juga:

Menpora Zainudin Amali Sarankan Pemda Papua Bentuk Lembaga Pengelola Venue Pasca PON XX

“Atletik, Renang, Angkat Besi, Menembak itu kan masuk di dalam 14 cabor unggulan DBON. Ini membuat kita semua berbahagia karena masih bisa ada prestasi yang muncul di tengah-tengah situasi seperti sekarang,” ungkapnya.

Menpora Amali menjelaskan, sejak 76 tahun Indonesia Merdeka belum ada desain besar olahraga nasional yang menjadi panduan dalam pembinaan olahrga nasional. Namun kini, setelah adanya Perpres 86 tahun 2021 Indonesia resmi memiliki DBON yang telah disusun Kemenpora bersama stakeholder olahraga.

Menpora Amali menerangkan bahwa dalam DBON ini, pemerintah menjadikan Olimpiade dan Paralimpiade sebagai target utama, sementara SEA Games dan Asian Games hanya target antara saja.

Menurutnya, DBON tersebut mendapatkan sambutan yang baik dari pemerintah daerah karena mereka bisa fokus dalam melakukan pembinaan pada cabang olahraga tertentu.

“Karena selama ini pembinaan dilakukan sesuai selera-selera saja berbagai cabang olahraga, targetnya nggak jelas. Kan target atlet daerah itu jadi tim nasional. Tim nasional itu targetnya Olimpiade dan Paralimpiade. PON ini kita jadikan ajang untuk mendapatkan talenta-talenta dan bibit-bibit atlet,” ujarnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *