Menpora Amali Harap PON Jadi Sebab Meratanya Pembinaan Olahraga

menpora amali
Menpora Amali Harap PON Jadi Sebab Meratanya Pembinaan Olahraga di Tanah Air (sumber: kemenpora.go.id)

Miindonews, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali berharap pembinaan olahraga di Tanah Air merata seiring adanya penyelenggaraan PON (Pekan Olahraga Nasional), dimana atlet dapat mengukir prestasi setelah adanya fasilitas olahraga yang memadai di setiap daerah.

“Pelaksanaan PON ini disebar (setiap provinsi) untuk pemerataan fasilitas olahraga di Indonesia. Dengan diselenggarakannya PON dan digilir tuan rumah, maka muncul bibit prestasi,” terang Menpora Zainudin Amali dalam konferensi pers kepada wartawan secara virtual dari Jayapura, Sabtu (16/10/2021).

Menurut Menpora Amali, pemerataan atlet di setiap daerah kini sudah berimbang. Hal tersebut ditandai dengan hadirnya atlet dalam skuat tim nasional pada berbagai cabang olahraga (cabor).

“Saya kira pada tim nasional pada berbagai cabang olahraga sudah berimbang. Sudah muncul yang mengisi di masing-masing cabor. Pembinaan olahraga juga harus didukung dengan sport science di setiap daerahnya,” kata Menpora Amali.

Baca juga:

PON XX Selesai, Menpora Amali: Papua Sukses Prestasi, Sukses Penyelenggara, dan Sukses Ekonomi

Melalui pelaksanaan PON XX Papua, Menpora Amali mengapresiasi kontingen tuan rumah yang berhasil menduduki peringkat empat dalam klasemen. Hal tersebut menunjukan bahwa atlet Papua mampu bersaing dengan daerah lain, utamanya kontingen dari Pulau Jawa yang pada event serupa sebelumnya selalu mendominasi di lima besar.

“Kemunculan Papua sebagai peringkat empat ini luar biasa dengan segala upaya mereka. Mudah-mudahan ini menjadi tanda perbaikan sarana dan pembinaan di luar Pulau Jawa,” ungkap Menpora Amali.

Tidak lupa Menpora Amali meminta setiap daerah fokus dalam cabor yang menjadi unggulan. Dengan demikian konsentrasi pembinaan cabor tersebut, maka konsisten meraih medali bisa terjaga.

“Apalagi sekarang sudah jelas ya, ada panduannya yakni desain besar olahraga nasional atau DBON. Saya kira jelas ya di situ ada cabang olahraga yang didorong dan fokus ke Olimpiade. Pembinaan olahraga di daerah harus didukung sport science. Saya harap ke depan tentu semakin merata pembinaan olahraga kita,” pinta Menpora Amali. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *