Pemerintah Nias Barat Salurkan Bantuan Pelayanan Organisasi Keagamaan

Foto. Bupati Niasa Barat, Khenoki Waruwu Menyerahkan Bantuan Secara Simbolis Kepada Pimpinan Organisasi Keagamaan

Miindonews, NIAS BARAT – Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menepati janjinya untuk memberikan bantuan pelayanan kepada hamba Tuhan yang selama ini dikenal dengan istilah pemberian Insentif kepada hamba Tuhan yang melayani di wilayah Kabupaten Nias Barat.

Program ini telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026.

Penyaluran bantuan itu ditandai dengan penandatanganan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Bupati Nias Barat dengan pimpinan organisasi/lembaga agama/gereja penerima Hibah di Aula Soguna ba Zato, Rabu (09/11/2022).

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengungkapkan pemberian bantuan pelayanan tersebut merupakan apresiasi dan wujud kepedulian pemerintah daerah untuk menunjang pelayanan para hamba Tuhan dalam melakukan pembinaan mental dan spiritual warga Nias Barat.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pemberian bantuan tersebut merupakan inisiatifnya sendiri dan telah Ia pikirkan ketika masih menjabat sebagai anggota DPRD Nias Barat.

“Ketika saya masih menjabat sebagai Anggota DPRD, saya memikirkan beberapa kebijakan dan program yang bermanfaat bagi masyarakat, karena latar belakang saya dari keluarga kurang mampu. Sehingga, saat terpilih sebagai Bupati, program dan kebijakan itu saya implementasikan”, tutur Khenoki Waruwu.

Baca juga: Desa Fadoro di Nias Barat Resmi Menjadi Kampung Pancasila

Ia mengatakan bahwa program yang telah dilaksanakan sejak terpilih sebagai kepala daerah tetap Ia laksanakan selama masa memimpin Nias Barat. Bahkan, ke depan jumlahnya akan disesuaikan berdasarkan jabatan atau jenjang pelayanan.

“Program ini tetap dilaksanakan secara berkelanjutan selama masa kepemimpinan saya di Nias Barat. Kalau tahun ini bantuan pelayanan yang diterima jumlahnya sama, maka tahun depan akan dibedakan berdasarkan jenjang pelayanan para hamba Tuhan “, tegasnya.

Baca juga: Bupati Nias Barat Kunjungi Pulau Hinako, Cek Layanan Pendidikan hingga Lokasi Wisata

Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah Sozisokhi Hia, melaporkan bahwa launching dan penandatanganan NPHD pemberian bantuan pelayanan kepada hamba Tuhan yang dirangkaikan dengan beberapa kegiatan lainnya.

Diantaranya, pengukuhan Pengurus FKUB, pengukuhan Panitia Natal Oikumene, Pembagian Kartu Kusuka dan Kartu Tani.

Ia menyebut, penerima bantuan pelayanan hamba Tuhan sebanyak 576 orang yang disalurkan melalui 28 organisasi keagamaan. Kemudian penerima Kartu Kusuka berjumlah 230 orang nelayan, sedangkan penerima Kartu Tani sebanyak 12.225 orang.

Untuk diketahui, Kartu Kusuka merupakan kartu identitas tunggal dan basis data pelaku usaha kelautan dan perikanan di Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk memudahkan perlindungan dan pemberdayaan nelayan.

Sementara, kartu Tani berfungsi sama seperti kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Bedanya, Kartu Tani hanya dapat dimiliki oleh petani yang secara aturan dan ketentuan yang berlaku berhak atas bantuan langsung pupuk.

Kartu Tani bisa juga digunakan untuk transaksi perbankan lainnya seperti pembayaran langganan PLN, pembelian pulsa, transfer uang dan lain sebagainya.

Laporan: Depirius Gulo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *